CWP: Muncul 500 Internal Server Error?

Bingung mau membahas topik apa, habis di luar hujan besar dari tadi pagi. Oke, pernah mengalami munculnya pesan error seperti 500 Internal Server Error saat sedang konfigurasi web pada server?

Kalau pernah berarti anda normal, LOL. Maksudnya wajar. Kalau dari pengalaman, biasanya hanya masalah ownership (kepemilikan user) saja kok. Simpelnya, kita hanya perlu melakukan chmod pada konfigurasi web atau doc root yang mungkin sedang kamu utak-atik. Sebagai contoh kalau file .php kita gunakan 644 kemudian folder kita gunakan 755.

Anyway, tiap control panel interface menyediakan permission standard yang berbeda-beda. Sebagai contoh Sentora defaultnya 750 kalau tidak salah, kemudian CWP default file adalah 644. Sebenarnya CWP dan cpanel agak mirip untuk sistem keamanannya.

Karena kita menggunakan CWP, oleh karena itu kita bisa langsung melakukan fix ownership secara 1 click saja. Kalau cara manualnya seperti ini :

chmod 644 *.php
chmod 755 folder1

Dari CWP sendiri sudah menyediakan fitur 1clicknya kok. Ada yang mudah kenapa coba yang susah? Tanya kenapa, hahaha.

Kita login sebagai root dahulu, kemudian pada panel sebelah kiri (yang ada banyak menunya):

User Accounts > Fix Permissions

Pilih username tempat website kamu berada. Kemudian tungguu 2-3 detik saja, lalu coba browse website kamu lagi. Pasti sudah bisa terbuka kan?

Jika masih belum terbuka, sebaiknya kita cermati dulu isi file log error atau log accessnya. Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *