Tipe penumpang Bus Transjakarta

Pada malam ini bakal memposting sesuatu yang cukup unik. Karena sudah sangat sering menggunakan transportasi umum Transjakarta, maka akan saya beberkan beberapa tipe penumpang Bus Transjakarta.

Seperti yang kalian ketahui, Bus Transjakarta ini kalau di waktu peak time (jam berangkat kerja dan pulang kerja) bisa sangat rame yang ngantri. Tapi tetap nyaman kalau kamu naik bus yang AC nya dingin kok.

Setelah cukup lama terbiasa naik moda transportasi umum Transjakarta, ada beberapa penumpang yang bisa saya kategorikan berdasarkan perilaku dan kebiasaan. Apa saa? Ini dia, silakan disimak.

Penumpang kantoran

Penumpang ini adalah penumpang yang rata-rata memakai baju rapih layaknya kantoran. Biasanya penumpang tipe ini setelah masuk bus PASTI selalu mengeluarkan hape. Entah itu baca SMS, BBM, Line atau mungkin hanya sekedar gaya saja, entahlah. Tapi yang pasti penumpang tipe ini tidak pilih-pilih bus. Kalau dapat bus langsung naik, mau itu APTB atau Transjakarta. Yang penting sampe kantor tepat waktu.

Penumpang super irit

Penumpang ini bisa kita katakan penumpang setia Transjakarta. Seperti yang kita tahu, busway Transjakarta terintegrasi dengan bus APTB dan transjabodetabek. Penumpang super irit hanya akan naik bus Transjakarta atau Transjabodetabek saja. Mengapa? Karena kalau naik bus APTB, bayar lagi Rp 5000 di dalam bus. Walaupun harus menunggu 30-60 menit, pelanggan ini tetap setia menunggu bus Transjakarta / Transjabodetabek.

Penumpang arisan

Penumpang ini biasanya saya lihat selalu mbak-mbak (kantoran) atau ibu-ibu (non kantoran). Karena seringkali penumpang kategori ini selalu mengobrol membicarakan temannya (segerombolan),  dari mulai kerjaan sampai suami mereka di dalam bus. Walaupun mereka berdiri di area khusus wanita, tetap saja saya yang berada di tengah masih mendengar jelas obrolan mereka. Tapi penumpang tipe ini sangat jarang ditemui.

Penumpang gamers

Penumpang yang satu ini biasanya selalu jaketan dan tasnya selalu diposisikan di depan. Alasannya simpel, mengantisipasi kejahatan. Atas dasar alasan itu, penumpang tipe ini melepas kebosanan dengan memainkan game. Sangat DIPASTIKAN, penumpang ini selalu mencari tempat enak seperti pojokan, tempat duduk, atau minimal bisa senderan.

Penumpang ngantukan

Penumpang yang satu ini sangat sering ditemui. Hampir di setiap bus ada. Entah itu bus transjakara atau APTB atau transjabodetabek. Biasanya wanita (kantoran) dan bapak-bapak (kantoran). Entah tidur beneran atau tidak, pasti deh setelah dapat tempat duduk mata mereka merem. Anehnya pas mau turun di halte tujuan kok mereka bisa tahu ya sudah dekat. Pakai indra ke enam kah?

Penumpang menang sendiri

Penumpang jenis ini sering ditemui ketika kita naik bus transjakarta mendekati jam 6 sore atau jam 7 sore. Kebanyakan tipe penumpang ini masih sekolah (SMP, SMA). Kenapa saya kategorikan demikian? Hampir 90% kategori penumpang ini dipastikan tidak akan memberikan jalan pada penumpang lain yang mau turun. Selalu nungguin pintu masuk, padahal tempat turunnya masih jauh lho.

Secara keseluruhan, mungkin itu saja jenis penumpang Transjakarta berdasarkan pengalaman saya. Atau kalau ada yang mau menambahkan bisa posting langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *