Layanan File Hosting Gratis & CDN Gratis

Ternyata penyimpanan data secara online, baik itu data dokumen, gambar, maupun apapun itu sangat dibutuhkan pada tahun ini. Karena apa, di saat kecepatan internet bukanlah menjadi hambatan lagi (setidaknya di daerah perkotaan dan sekitarnya) maka pemindahan dan penyimpanan data skala kecil seharusnya bukan masalah besar.

Limitasi pengiriman attachment email

Jika kalian cek pada penyedia email, biasanya ada limit atau batas sampai sebesar apa file tersebut bisa di kirimkan melalui email. Dimana pengiriman email dengan jumlah file atau attachment lebih besar mempunyai impact yaitu delay atau jeda waktu ketika pengiriman.

Bagi penyedia hosting komersil seperti cPanel dan Plesk, tentu pihak penyedia sudah memasang limit atau batas berapa ukuran maksimal yang bisa digunakan untuk kirim file atau attach file melalui email. Sepengetahuan saya, rata-rata berkisar antara 10-50 MB file. Namun paling sering saya jumlai adalah 20 MB file.

Upload dokumen sementara

Pada case berikutnya kita punya sebuah dokumen atau catatan sementara yang harus segera di simpan dan kebetulan tidak ada media penyimpanan yang tersedia. Oleh karena itu opsi yang paling mudah dan masuk akal adalah dengan upload dokumen tersebut secara sementara di suatu tempat, kemudian diambil atau di download oleh user atau peserta lain.

Nex data storage

Untuk memecahkan masalah itu semua, maka perlu ada tempat paling tidak server di Indonesia, dengan kecepatan download yang oke, namun juga menyediakan environment yang aman bagi pengguna. Ini sebenarnya adalah salah satu project saya untuk membantu teman sekalian.

Memperkenalkan nex data storage, dimana dapat digunakan oleh kalian untuk upload beberapa jenis berkas seperti dalam bentuk dokumen, pdf, csv, zip, dan rar hingga 50 MB. Saya berpikir untuk mengubahnya ke 100 MB jika memang diperlukan sekali. Untuk saat ini 50 MB adalah ukuran yang masuk akal untuk sebuah permulaan.

Cara memakainya adalah dengan upload file yang ingin disimpan, kemudian jangan lupa copy URL link yang sudah di upload tersebut. Kemudian bagikan dengan rekan lain untuk di share atau download. Kalian bisa cantumkan link saja pada email kalian. Namun harap diperhatikan bahwa maksimal batas penyimpanan adalah 24 jam saja. Untuk permulaan, saya rasa 24 jam sudah cukup.

Tidak perlu takut akan terjadinya overwrite file existing, karena saya sudah mendesign agar file yang sudah terupload tidak akan overwrite dengan nama file yang sama pada existing. Jadi kami pastikan link yang di generate pasca upload adalah anonimus.

Nex data cdn

Menaruh file image tentu masalah besar ketika kita ingin melakukan publikasi gambar pada blog atau website, namun bingung ingin menaruh dimana karena file disk berukuran cukup besar karena dominasi gambar resolusi cukup tinggi. Jika menggunakan resource server asli, maka sayang, lebih baik upload di third-party saja seperti nex data cdn ini.

Berbeda dengan nex data storage, versi nex data cdn ini tidak ada file yang terhapus sama sekali. Semua image file yang di upload akan di simpan selama mungkin. Jadi tidak usah takut karena tidak akan di hapus, kecuali disk server hampir penuh. Untuk disk sendiri kita sudah menyiapkan 100 GB disk, seharusnya lebih dari cukup untuk CDN image file saja.

Akhir kata, semoga layanan gratis ini bermanfaat untuk anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *