Mengubah DNS di Cloudflare

Untuk mengubah DNS di Cloudflare sangat mudah sekali. Namun pengetahuan dasar tentang DNS diperlukan untuk konfigurasi awal dan konfigurasi dasar. Berikut caranya.

Login ke Cloudflare

Pastikan kalian sudah punya account Cloudflare dan sudah menambahkan domain ke dalam Cloudflare. Selanjutnya adalah login ke dalam Cloudflare. Kemudian navigasikan ke menu DNS.

Ke menu DNS

Setelah klik menu DNS kemudian kita akan tambahkan record baru dengan cara klik Add record.

Silakan di pilih mau ditambahkan record apa, ada A record, CNAME record, TXT dsb.

Lalu tambahkan nama subdomain. Untuk panduan ini, jika ingin merubah domain.com maka gunakan @ pada kolom ini. Namun jika ingin membuat sesuatu seperti sub.domain.com, maka tambahkan sub saja pada kolom tersebut.

Pada kolom target isi value dari DNS yang akan ditambahkan. Bisa berupa angka, huruf, atau gabungan keduanya.

Proxy status di sini maksudnya adalah apakah DNS record ini akan di enkapsulasi IPv4 nya oleh Cloudflare. Bisa dikatakan jika kita nyalakan, maka kita minta Cloudflare IP menyembunyikan IP asli kita. Jika tidak di ceklis maka IP address server ybs akan terlihat.

Jangan lupa klik Save untuk membuat perubahan.

Verifikasi

Selamat, pada tahap ini DNS record kamu sudah ditambahkan ke dalam Cloudflare dan tinggal menunggu waktu propagasi agar terbaca oleh internet kamu. Bisa cek di tools seperti dns checker apakah sudah propagasi. Umumnya Cloudflare hanya membutuhkan waktu hitungan < 1 menit agar DNS tersebut ter-propagasi.

Selamat! Kini kamu sudah berhasil mengubah DNS pada Cloudflare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *