Pentingnya Food Estate

Sejak debat capres dan cawapres kemarin ramai-ramai membicarakan tentang food estate. Banyak yang asal bunyi tapi mungkin belum tahu yang namanya food estate. Mari kita bahas istilah tersebut dan mengapa kita perlu harus tahu.

Istilah Food Estate

Pada dasarnya food estate adalah salah satu kebijakan pemerintah Indonesia yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Artikel ini saya kutip langsung dari sumber wikipedia. Namun secara simpelnya kita bisa mengatakan bahwa food estate ini adalah cadangan lumbung pangan. Kebijakan ini menjadi bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024 yang digagas oleh Pak Jokowi.

Lokasi Sebaran

Kita harus perlu tahu juga, bahwa food estate ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, jadi tidak terpusat satu daerah saja. Harapannya, ketika lumbung pangan ini berhasil, maka tiap daerah bisa merasakan manfaatnya.

Berikut beberapa daerah yang menjadi lokasi sebaran dari cadangan lumbung pangan :

  1. Sumatra Utara
  2. Jawa Tengah
  3. Jawa Barat
  4. Jawa Timur
  5. Kalimantan Tengah
  6. NTT
  7. Papua
  8. Papua Selatan

Dari ke delapan provinsi tersebut, total ada 12 titik lumbung pangan yang sudah dijalankan.

Kontroversi

Secara logika memang food estate dinilai adalah program yang bagus sebagai bagian dari ketahanan pangan. Namun hal ini berbanding terbalik ketika program tersebut tidak berjalan dengan baik. Karena beberapa organisasi lingkungan non profit menilai bahwa proyek yang di gagas tersebut adalah suatu kejahatan lingkungan.

Mengapa demikian? Menurut pemerhati lingkungan, untuk membuat suatu cadangan pangan namun melakukan deforestasi adalah sama saja merusak lingkungan. Suatu lingkungan yang sudah terbentuk habitat dan serba hijau, kemudian karena alasan cadangan pangan lalu melakukan penggundulan area yang sebelumnya sudah ada habitatnya.

Dana yang dikeluarkan untuk melakukan deforestasi dan penanaman ulang juga dinilai beberapa pihak terlalu memaksakan. Terlebih lagi proyek food estate ini kemudian dikucurkan dana dari ketahanan pangan sebesar 108 triliun untuk 2024.

Tidak banyak juga kontroversi yang saya temukan berupa video dan artikel online dimana beberapa warga ada yang di rugikan, seperti dijanjikan, namun nyatanya tidak juga terlaksana.

Optimisme

Dibalik beberapa proyek banyak yang mengalami kegagalan, namun presiden Jokowi tetap optimis bahwa jika food estate tidak dimulai, kapan lagi? Indonesia sudah terlalu bergantung dengan import pangan dan kini kehilangan jati diri lumbung pangan. Fakta bahwa Indonesia mempunyai tanah yang subur tidak dapat terbantahkan.

Pak Jokowi menilai bahwa permulaan kegagalan dalam suatu permulaan adalah hal biasa. Apalagi jika tentang penanaman pangan. Penanaman pertama mungkin banyak gagal, penanaman kedua mungkin berhasil 25% an, dan setelah beberapa kali biasanya bisa berhasil mendekati sempurna.

Presiden Jokowi berpikir bagaimana Indonesia ke depannya tidak selalu bergantung dengan import pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *