SSL Gratis dari Punchsalad.com

Jika sebelumnya saya memberikan tips dan link bagaimana cara mendapatkan ssl gratis dari GoGetSSL, sekarang saya akan memberikan tips dan trik mendapatkan ssl gratis dari Let’s Encrypt namun dengan cara mengubah DNS saja. Karena biasanya Let’s Encrypt hanya tersedia di cPanel dan Plesk native generator saja.

Pengaturan DNS

Sebelum kita beranjak lebih jauh lagi, untuk mendapatkan SSL gratis Let’s Encrypt 90 hari ini, kamu harus punya kendali atas DNS domain milikmu. Lalu sedikit pengetahuan untuk konfigurasi DNS (secara mandiri) juga diperlukan dalam hal ini.

Kamu mungkin mau mendaftar ke Nex Free DNS service agar bisa mendapatkan layanan DNS gratis sendiri secara bebas dalam modifikasi DNS record pada domainmu.

Isi Nama Domain

Pertama, buka website punchsalad dengan sub menu ssl generator. Isikan nama domain yang ingin ditambahkan. Jika kamu punya nama domain lalamu.org maka kamu hanya perlu mengisi lalamu.org saja atau seperti ini.

Isi Email

Kemudian kamu mulai isi email kamu untuk notifikasi dan pemberitahuan. Misal kalau SSL sudah mendekati expired biasanya akan di infokan ke email.

Pilih DNS

Selanjutnya adalah pilih DNS, kemudian jangan lupa ceklis AUP persetujuan dari Let’s Encrypt. Lalu klik Create Free SSL Certificate.

Konfigurasi DNS

Pada step selanjutnya kamu harus melakukan modifikasi DNS pada domainmu sendiri. Yaitu membuat sebuah subdomain dengan jenis TXT record, dan ada value tertentu yang sudah ditentukan dari pihak vendor, dalam hal ini si punchsalad.com ini.

Saya asumsikan step ini sudah, kemudian verifikasi DNS.

Hasil Akhir

Jika semua dilakukan dengan benar, maka pada step terakhir akan ada 2 baris besar berisi key file dan certificate + ca bundle file yang berupa text. Kamu bisa download file tersebut juga btw sih.

Tinggal cari enaknya bagaimana, agar nanti bisa di upload ke web server kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *