Selamat Tinggal Uptobox, Jasamu Sangat Besar

Kali ini kita mendengar berita duka yang berasal dari layanan free file hosting yang cukup besar berada di Perancis, namanya uptobox. Sebenarnya layanan Uptobox sendiri sudah berhenti beroperasi sejak pertengahan September 2023. Pada saat ini pihak Uptobox sendiri menginformasikan bahwa ada masalah teknis yang cukup serius sedang terjadi.

Layanan berhenti total

Sejak diumumkan lewat twitter bahwa tim Uptobox mendapati masalah teknis yang cukup serius, sejak saat itu pula seluruh layanan Uptobox tidak dapat diakses. Pada waktu itu kalian mungkin hanya bisa membuka website saja, namun dengan widget twitter yang bertuliskan bahasa Perancis terkait pengumuman yang mereka buat.

Ya sebenarnya tidak jauh berbeda keadaannya dengan yang sekarang. Masih tetap sama kok. Layanan masih tetap berhenti beroperasi, namun yang berbeda text update via twitternya berbeda, haha.

Rumor di block ISP Perancis

Menurut beberapa sumber yang saya rangkum sendiri, sebenarnya sejak bulan Mei 2023 banyak sekali para penyedia jasa internet di Perancis sudah melakukan blokir terhadap domain Uptobox, yakni uptobox.com. Namun walaupun demikian, layanan dari Uptobox masih tetap berjalan seperti normal biasanya. Malah dari pihak Uptobox sendiri menyarankan para usernya untuk melakukan bypass blocking mengakses domain Uptobox.

Didatangi Polisi

Sebenarnya apa yang terjadi dengan kesalahan teknis yang cukup serius ini? Yap, ternyata datacenter dimana server Uptobox bernaung langsung di grebek oleh pihak kepolisian Perancis dengan membawa surat keputusan pengadilan. Singkatnya, di dalam surat putusan pengadilan tersebut, menyebutkan bahwa pihak Uptobox harus dihentikan layanannya.

Tanpa pusing-pusing pihak kepolisian Perancis, menurut sumber kurang lebih ada sekitar 20 orang polisi yang menyambangi 2 datacenter dimana server Uptobox berada. Yaitu di datacenter Scaleway (sebelumnya bernama online.net) dan OpCore. Waduh, langsung di grebek di datacenter apa masa iya bisa sih?

Update lain

Tidak hanya sampai situ, kami kira itu adalah update terakhir yang diberikan oleh beberapa media di Perancis. Ternyata tidak lama setelah berita terakhir, muncul update tambahan lagi.

Menurut komentari dari ACE (The Alliance for Creativity and Entertainment) mengatakan bahwa aksi menggeruduk ke datacenter tersebut bukanlah aksi dari pihak kepolisian, namun aksi dari perwakilan orang yang sudah di tandatangani oleh keputusan pengadilan. Dan lebih tepatnya sekumpulan perwakilan orang biasa yang ditemani oleh 2 petugas kepolisian.

Pihak ACE mengklaim bahwa Uptobox dan Uptostream, kedua layanan cloud digital yang cukup besar dan massive, serta menyediakan file secara ilegal di Perancis kini sudah di tutup. Bahkan kantor perwakilan Uptobox di Dubai juga didatangi pihak berwajib.

Statement resmi dari ACE

Pernyataan resmi dari ACE saya translate ke Indonesia.

Tindakan tersebut, yang dilakukan di Perancis dan Uni Emirat Arab, mengakhiri operasi pembajakan yang sudah terkenal selama satu dekade di kalangan distributor konten yang melanggar. Layanan ilegal ini menarik pengunjung dalam jumlah besar, terutama dari Perancis, tetapi juga dari Indonesia, India dan Meksiko, dengan 1,5 miliar kunjungan selama tiga tahun terakhir. Layanan ini menampung perpustakaan judul film dan televisi yang melanggar dalam jumlah besar yang memengaruhi semua anggota ACE dan banyak pemegang hak lainnya, memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming dan mengunduh konten yang dilindungi hak cipta tanpa biaya atau melalui langganan premium berbayar.

Dua warga negara Perancis yang menjalankan layanan ilegal tersebut berbasis di Dubai, di mana mereka mengumpulkan keuntungan ilegal dari penjualan iklan dan langganan premium.

“Tindakan yang kami umumkan hari ini menunjukkan bahwa operasi pembajakan yang paling canggih pun tidak kebal hukum,” kata Jan van Voorn, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Perlindungan Konten Global dari Asosiasi Film Bergerak dan Ketua ACE. “Kasus ini memberikan pesan yang kuat kepada pelaku kejahatan bahwa tindakan ilegal mereka pada akhirnya akan diakhiri. Mereka mungkin mengira operasi mereka dilakukan secara rahasia, namun ACE memiliki jaringan, sumber daya, dan keahlian untuk mengidentifikasi dan menutupnya.”

“Canal+ mendukung tindakan cepat ketika tindakan pembajakan membahayakan hak kekayaan intelektual, yang pada gilirannya berdampak pada bisnis kami,” kata Céline Boyer, Kepala Perlindungan Konten di Canal+. “Kemitraan kami dengan ACE sangat penting untuk memastikan bahwa pasar kreatif terus berkembang dengan mengatasi pembajakan konten dari sumbernya.”

“France Televisions tidak menoleransi pembajakan dan distribusi ilegal konten dan saluran,” kata Nathalie Bobineau, Wakil Presiden Senior Pembangunan Internasional lembaga penyiaran publik Prancis, France Televisions. “Dengan berkolaborasi dengan ACE, kami memperkuat komitmen kami untuk menjunjung tinggi prinsip perlindungan hak cipta dan menjaga nilai konten asli.”

https://torrentfreak.com/uptobox-goes-dark-following-police-raids-on-french-datacenters-230920/

Jadi begitulah serentetan kejadian apa yang sebenarnya terjadi dengan layanan cloud dari Uptobox. Jadi bisa dipastikan layanan Uptobox peminatnya sangat besar, dari Perancis, Indonesia, India, dan Mexico.

Dari hasil data ini kita bisa tahu negara peminat free downloaders dan penyuka film atau mungkin anime gratisan, hihihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *