Toleransi di Palestina, Indonesia Wajib Tiru

Indonesia mungkin adalah salah satu negara majemuk, dimana ada banyak suku, adat, dan beberapa etnis di dalamnya. Begitu juga dengan agama. Kurang lebih saat ini ada enam (6) negara yang diakui di Indonesia, seperti Agama Islam, Agama Kristen, Agama Katolik, Agama Hindu, Agama Buddha dan Agama Khonghucu.

Meskipun saat ini kita sedang berduka karena Palestina saat ini tengah diberikan cobaan kemanusiaan oleh para penjajah, namun ada beberapa hal penting yang bisa kita pelajari dari Palestina. Salah satunya adalah toleransi beragama.

Agama di Palestina

Dikutip dari beberapa sumber yang ada, ada tiga agama yang beririsan di Palestina, seperti Islam, Kristen (Nasrani), dan Yahudi. Dimana ketiga agama ini menganggap Yerusalem adalah tempat yang suci. Ketiga agama ini hidup berdampingan sama halnya tetangga.

Indahnya Berbagi di Ramadhan

Ketika bulan Ramadhan tiba di Palestina, agama Nasrani (Kristen) secara aktif membagikan takjil berupa kurma-kurma menjelang berbuka puasa di sore hari. Pemandangan ini sudah sangat biasa terjadi di Palestina, menurut Bang Onim, dan bukan hal yang tabu lagi.

Ketika hari paskah para muslim di Palestina mereka mengucapkan selamat kepada Kristen yang sedang merayakan paskah. Bahkan tidak ada yang namanya bentrokan antar beragama. Semua agama damai satu dengan yang lainnya.

Isu Agama

Jika ada isu yang muncul ke tengah masyarakat terkait dengan agama, maka itu mungkin adalah salah satu agenda penjajah untuk memecah belah masyarakat Indonesia yang terdiri dari banyak agama.

Jika kita lihat gejolak politik yang membawa isu agama saat ini, bahkan adanya beberapa oknum yang membawa atau menyinggung isu agama, ya berarti mohon maaf saja. Saat ini Indonesia sedang terkena provokasi oleh hasutan penjajah.

Jadi jangan sampai kita terhasut oleh isu dan konflik tentang agama ya. Karena secara sosial mau siapapun dia, mau apapun agama dia, kita hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *