Beberapa webhosting panel GRATIS

Pada malam ini saya bakal membagikan sedikit informasi tentang beberapa webhosting panel gratis. Tolong diingat, gratis di sini bukan berarti bajakan atau nulled version ya. Gratis di sini bersifat legal dan open source.

Sebenarnya ada banyak webhosting panel yang bertebaran di internet. Namun kebanyakan memang kurang bagus dan kurang bisa diandalkan. Namun saya tahu, berdasarkan pengalaman yang dulu-dulu, banyak dari anda sekalian yang ingin sekali nyoba webhosting panel dan bereksperimen menggunakan server atau vps murah. 

Tapi tenang saja, ada beberapa webhosting panel gratisan legal yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya pernah saya coba dan lumayan stable. Namun sangat TIDAK DISARANKAN untuk digunakan sebagai production server. Artinya, jangan digunakan untuk dikomersilkan contoh jualan shared hosting ke orang lain.

Karena jika kamu sudah mengkomersilkan untuk shared hosting yang nantinya dijual pada orang lain, segala tanggung jawab dan maintenance serta kepuasan pelanggan otomatis akan dibebankan padamu. Segala error juga otomatis menjadi tanggung jawabmu ke pelanggan yang kamu jualkan jasa hostingnya.

Sentora

Sentora adalah sebuah webhosting panel berbasis php dan mysql yang dikembangkan oleh tim zpanel. Dulunya Sentora bernama zpanel, dan Sentora menggunakan fork dari zpanel. Karena beberapa kasus yang membelit kepala tim pengembang zpanel, akhirnya beberapa tim membuat brand baru bernama Sentora. Sentora dapat dijalankan di Windows dan Linux.

Dulunya zpanel dikembangkan oleh Kris Anderson, dari Amerika. Zpanel dapat dijalankan pada sistem operasi windows dan *NIX. Bahkan dalam versi 2.5 zpanel ternyata stable dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun.

Setelah lika liku panjang akhirnya tim zpanel terpecah kembali, dan pada tahun 2007, salah satu developer original zpanel, Bob Allen, akhirnya merilis brand baru bernama zpanel software. Pada zpanel software versi ini Bobby Allen benar-benar telah merevisi semua code software dari awal.

Sampai akhirnya pada tahun 2012 seluruh member berkontribusi memberikan masukan dan kritikan lewat forum zpanel pada waktu itu. Dalam 1 tahun, tim zpanel bekerja keras dalam melakukan pembaruan dan patching terhadap sistem zpanel software mereka.

Kemudian pada tahun 2014 salah satu perusahaan Eropa, Hostwinds membeli project zpanel software dan kemudian nama zpanel mulai memudar. Walau download dan install gratis, namun akses forum telah ditutup oleh Hostwinds karena mereka memberlakukan premium support untuk layanan bantuan zpanel.

Kloxo-MR

Kloxo-MR adalah kepanjangan dari Kloxo Mustafa Ramadhan. Hal ini karena pengembang dan pemerhati pria asal Indonesia ini dengan setia masih mendedikasikan software yang telah ditinggalkan dan di klaim memiliki banyak error dan bug oleh centos (Kloxo) bertahun-tahun silam. Kloxo-MR hanya tersedia di Linux saja.

Kloxo-MR hingga saat ini saya menulis artikelnya memiliki base forum yang cukup ramai. Forumnya disediakan dalam dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Cukup menarik sekali. Dan biasanya, sang administrator MR akan membalas tiap topik forum dalam waktu kurang dari 24 jam.

Centos Web Panel (CWP)

CWP adalah fitur webhosting panel baru dan termasuk simpel. Walau sejarahnya masih belum bisa saya telusuri banyak, namun menurut support mereka, sudah ada 10.000 server lebih yang telah menggunakan CWP. CWP menawarkan sistem keamanan yang lebih advance dibandingkan webhosting panel gratisan lainnya.

Yang menariknya adalah, CWP akan melakukan softwarenya dari nol. Berarti CWP akan melakukan download pada source software dan melakukan compiling satu persatu. Dengan kata lain, butuh waktu lebih banyak saat instalasi pertama kali, tergantung kecepatan servernya.

Hingga saat ini, dari sekian banyak webhosting panel yang pernah saya coba, hanya ada 3 kandidat yang cukup nyaman untuk digunakan dan dapat diandalkan. Namun tetap saja, selalu gunakan referensi forum mereka untuk update, karena dalam jangka dekat bisa saja segudang perubahan bisa terjadi. Sudah tahu ingin memilih webhosting panel apa yang akan diinstall?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *