Kontestasi Bacapres dan Bacawapres 2024

Memasuki tahun pemilu 2024 sudah pasti Indonesia serta netizen bakal heboh terhadap pemilihan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden 2024 nanti. Euforia itu sudah terlihat dari beberapa bulan menjelang pemilu serentak 2024. Ada yang menyambut baik, ada juga yang julid.

Dua Bacapres

Jadi sejauh ini sudah ada 2 bacapres yang sudah mendaftarkan diri ke KPU, diantaranya pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin. Kemudian bacapres selanjutnya adalah Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD. Dimana Bacapres pertama (Anies Baswedan) mendaftarkan ke KPU pada tanggal 19 Oktober pukul 08.00. Sedangkan pasangan bacapres kedua (Ganjar) mendaftar ke KPU pada tanggal yang sama, namun di jam 11.00 WIB.

Elektabilitas Kuat

Dilihat dari faktor elektabilitas kedua bacapres mempunyai kekuatan elektabilitas yang cukup tinggi. Apalagi salah satu pasangan bacapres di usung oleh partai yang cukup besar.

Menurut LSJ (Lembaga Survey Jakarta) data yang di himpun untuk elektabilitas per tanggal 24 Agustus 2023 dengan total 1200 koresponden dengan urutan :

  • Prabowo Subianto 40,8%
  • Ganjar Pranowo 33,1%
  • Anies Baswedan 20,9%
  • Tidak tahu 5,2%

Menurut SSC (Surabaya Survei Center) mempunyai olah data yang berbeda. Urutan versi SSC adalah sebagai berikut :

  • Ganjar Pranowo 41,3%
  • Prabowo Subianto 34,2%
  • Anies Baswedan 16,7%
  • Tidak tahu 7,8%

Data yang di himpun adalah data yang diambil sejak lama dan bukan per hari ini 21 Oktober 2023. Artinya apa, walapun nilai persentase elektabilitas sangat tinggi, namun untuk saat ini data masih belum bisa ditentukan siap yang lebih unggul.

baca juga : Bahaya Politik Agama Pemilu 2024

Bacapres Tidak Terduga

Bahkan tanpa di duga-duga Gibran ternyata diusung oleh partai Golkar sebagai pendamping dari Prabowo Subianto sore ini, 21 Oktober 2023. Beritanya masih hangat dan peta politik di Indonesia kini benar-benar berubah total formasinya.

Pasangan capres dan cawapres mempunyai senjata khusus masing-masing dan punya daya tarik masing-masing. Bahkan saya juga bingung nanti mau milih siapa, karena saat ini kita masih dalam mode pantau. Semoga kontestasi politik 2024 ini berjalan aman dan kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *