Kenapa Indonesia Perlu Masuk BRICS?

Mungkin buat yang belum tahu, BRICS adalah suatu kepanjangan dari beberapa negara ekonomi yang berkembang yakni Brazil Rusia China dan South Africa. BRICS ini dikenal sebagai kesempatan investasi baru bagi negara yang diprediksi bakal menjadi sumber ekonomi global pada masa yang akan datang. Nah usut punya usut, BRICS ini mempunyai sistem pembayaran sendiri jika mereka harus melakukan pembayaran ekonomi. Jadi tidak ketergantungan dengan mata uang global dolar.

BRICS sangat menarik dalam hal populasi. Karena jika negara ini dijumlahkan jumlah penduduknya, yaitu Brazil Rusia China dan South Africa, maka totalnya berjumlah ada 3.2 milyar jiwa manusia. Jumlah sebanyak itu adalah hampir 50% dari populasi penduduk dunia saat ini yang jumlahnya sekitar 8 milyar jiwa manusia.

Jika kita mau ngomongin masalah ekonomi yang ada diantara negara BRICS ini, sudah tidak diragukan lagi. Coba bayangkan ekonomi dunia yang terbentuk dari hampir 50% populasi penduduk dunia, itu basisnya sangat kuat dan solid sekali.

Saat mendengarkan podcast R66 Newlitics, saya sangat kaget ketika ada sebuah fakta baru nanti bahwa bakal ada negara baru yang akan masuk dalam BRICS, yaitu Saudi Arabia. Jadi bisa disimpulkan bahwa putra mahkota saat ini, MBS ini kemungkinan besar sudah bete banget dengan Biden terhadap fakta yang ada. Berikut aksi nyeleneh yang dilakukan MBS terhadap Amerika.

  • Biden meminta MBS untuk membatasi produksi minyak untuk menekan harga minyak, eh ternyata MBS malah menaikan secara jor-joran produksi minyak yang ada.
  • Biden mengancam kepada MBS bahwa alat pertahanan akan dihentikan. Namun MBS tidak kehilangan akal, karena beliau ternyata langsung pesan ke Rusia.
  • Saudi Arabia yang dari dulu selalu ketergantungan dengan dolar sebagai alat transaksi, jika iya nanti bergabung ke BRICS maka tidak ada lagi yang namanya petro dolar atau ketergantungan dolar. Bisa saja petro yuan, atau petro mata uang yang bakal dipakai.
  • Saat ini langkah Saudi Arabia cukup offensive ke Amerika, hal ini di buktikan dengan Saudi Arabia sama sekali tidak mengirim utusan ke dalam forum Investor Meeting, yang biasanya selalu dilakukan oleh Saudi Arabia.
  • Bahkan saat ini Saudia Arabia secara perlahan sudah mulai menarik uangnya dari Amerika.

Nah berdasarkan fakta yang ada memang sepertinya Indonesia itu perlu masuk ke BRICS. Karena selama ini hampir transaksi yang kita gunakan selama ini menggunakan dolar Amerika untuk exchange currency. Sehingga secara tidak langsung membuat mata uang Amerika selalu kuat di dunia. Yang jadi masalahnya adalah mengapa dolar Amerika begitu di agung-agungkan sebagai metode pembayaran internasional.

Jika Indonesia bergabung dengan BRICS maka sudah dipastikan jembatan ekonomi terhadap negara BRICS akan menjadi semakin lebih mudah. Dan melakukan transaksi tidak perlu bergantung lagi ke dolar Amerika, melainkan menggunakan mata uang negara BRICS saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *