Google Invisible reCAPTCHA di websitemu

Adanya botnet yang aneh-aneh di internet dan menghabiskan resource website di server mungkin adalah salah satu kendala utama bagi pemilik blog atau website saat ini. Bahkan tidak bisa di pungkiri, kalau kita tidak menggunakan proteksi khusus maka bisa-bisa resource website kamu tiba-tiba bisa sangat tinggi. Bagi pengguna user web hosting shared hal ini adalah hal yang menakutkan.

Namun untuk mengatasi keraguan tersebut, kalian bisa menggunakan salah satu fitur Google reCAPTCHA, yaitu invisible reCAPTCHA yang dapat dipasang pada halaman depan website dan 100% bisa terlindungi dari serangan botnet yang macem-macem di internet. Memang tidak 100% bisa disaring, namun paling tidak layanan gratis ini bisa membantu mengatasi masalah website kamu yang selalu di hujani oleh botnet di internet.

Login ke https://www.google.com/recaptcha/admin/create dengan menggunakan account google kamu.

Kemudian pada sebelah kanan atas (tanda plus) klik register new site.

Kemudian isi parameter berikut :

  • Isi label sebagai hostname server kamu
  • pilih reCAPTCHA v2 kemudian pilih Invisible reCAPTCHA badge
  • Kemudian isikan domain yang ingin diisikan
  • Lalu jangan lupa Accept term of service
  • Submit

Setelah itu nanti akan ada 2 key yaitu site key dan secret key. Nantinya 2 key panjang ini harus kita copy paste sebagai parameter token terhadap script yang akan melakukan challange botnet visitor website kamu.

Jika kamu menggunakan WordPress, maka nantinya ada plugin invisible reCAPTCHA, dan membutuhkan key site dan key secret. 2 Key ini harus di jaga dan tidak boleh di share oleh siapapun, sekalipun kucing kamu.

Selamat! Website kamu kini paling tidak bisa terbebas dari botnet dan resource website mu kini bisa di simpan oleh visitor organik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.