Komentar Seputar Harga BBM April 2022

Heboh pasca invasi Rusia ke Ukraina langsung harga BBM hampir di seluruh dunia mengalami kenaikan yang signifikan. Tidak lain karena harga per barrel menyentuh di atas 100 USD. Lantas dampaknya ke masyarakat apa? Dampaknya kemungkinan ke masyarakat menengah cukup tinggi, apalagi di sektor yang membutuhkan BBM.

Untungnya pemerintah memberlakukan aturan baru menyusul kenaikan harga BBM. Untuk saat ini, harga Pertamax dan Pertamax Turbo mengalami kenaikan sedikit. Sedangkan untuk harga Pertalite tidak mengalami kenaikan.

Untuk BBM dengan RON 90 atau Pertalite tetap di angka Rp 7.650 di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk BBM dengan kode RON 92 atau Pertamax mengalami kenaikan ke Rp 12.500 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kemudian untuk BBM kode RON 95 atau Pertamax Turbo mengalami kenaikan ke angka Rp 14.500 untuk Jakarta dan sekitarnya.

Detail harga baru terkaitan kenaikan BBM ini bisa kalian lihat langsung di halaman Pertamina Price Update.

Baca juga : Makin memanas di Ukraina, Nasib WNI Bagaimana?

Beruntungnya untuk kendaraan yang menggunakan RON 90 atau Pertalite harganya tetap dan tidak mengalami kenaikan. Sedangkan untuk Pertamax dan lainnya mengalami kenaikan yang lumayan, namun dari saya melihatnya masih cukup wajar saja. Mungkin untuk kendaraan yang wajib menggunakan RON 92 atau sekelas Pertamax, ini bisa jadi masalah yang lumayan sih.

Jika menurut kamu kenaikan ini sudah membuat dompet lumayan kering, solusi alternatif yang bisa saya usulkan adalah mulai berpindah ke transportasi umum. Misalnya ke kantor yang berada di Jakarta, kamu bisa menggunakan kereta commuterline, dan disambung menggunakan Bus Transajakarta atau di lanjut menggunakan aplikasi Ojek Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.