Waspada Investasi Bodong di Media Sosial

Beberapa tahun terakhir sudah cukup banyak orang yang menawarkan sebuah investasi yang sangat menggiurkan dan hanya tinggal setor duit saja. Keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan, mulai dari keuntungan 10%, 15% bahkan hingga keuntungan 30%. Lho masa ada ya, investasi yang menawarkan keuntungan begitu besar cuma setor duit saja? Awas, jangan tertipu dengan keuntungan saja. Baca dulu yuk, simak biar tambah mengerti.

Nampaknya sosial media di hebohkan dengan banyaknya investasi bodong di beberapa platform media sosial. Kita ambil contoh saja Youtube. Sudah bukan rahasia lagi ada banyak iklan yang bertebaran di platform Youtube menawarkan investasi dan akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Tidak nanggung malah bisa balik modal dalam hitungan beberapa bulan saja. Syarat yang ditawarkan sangat mudah, cuma duduk manis, monitor menggunakan smartphone anda, kemudian setor duit ke platform investasi tersebut.

Kalau memang ada yang menawarkan seperti demikian, ada baiknya jangan langsung diterima secara mentah-mentah. Karena sesuatu yang terlalu indah dan terlalu mudah untuk di dapat biasanya isinya hanya fana atau pun kedok penipuan.

Ada beberapa faktor yang membuat kejadian serupa terulang lagi dan lagi di kehidupan masyarakat. Kita tidak membicarakan 1, 4, 7 orang yang terkena modus penipuan ini ya. Tapi kita membicarakan banyak orang, dengan nilai kerugian beraneka ragam. Mulai dari kerugian jutaan, belasan juta, puluhan juta, ratusan juta, bahkan hingga angka yang fantastis, yakni milyaran rupiah!

Hukum yang belum cukup jelas di tegakkan dalam masyarakat mungkin menjadi salah satu faktor utama mengapa kedok investasi bodong yang berujung penipuan tersebut selalu cenderung lolos menipu para nasabahnya atau calon nasabahnya. Atau bisa jadi masyarakat yang belum memahami betul cara investasi yang ada selama ini?

Yang perlu di garis bawahi jika kamu mau ikut investasi adalah cari tahu ilmu investasi yang akan kamu tekuni. Media belajar sudah sangat banyak, bisa di blog, di website, ada penjelasan dari Youtube, bahkan beberapa institusi menyediakan webinar gratis kepada para peserta atau calon nasabah investasi. Karena pada dasarnya orang yang saat ini kaya raya tidak langsung kaya dalam waktu semalam saja. Tapi ada banyak proses yang harus dilalui ketika kamu meneladani ilmu yang akan kamu telusuri.

Gini deh, orang yang kaya dari investasi, bursa saham, pasar modal apapun itu namanya yg bersifat investasi tidak serta merta menjadikan orang itu kaya hanya dari trading, investasi, pasar modal saja. Investasi adalah sebagian kecil langkah yang dilalui para pengusaha untuk mencari yang namanya modal, dan nantinya ia akan menjalankan sebuah bisnis atau usaha yang berujung pada transaksi jual dan beli di masyarakat. Itu yang saya yakini.

DISCLAIMER : Saya bukan trader, bukan investor, bukan siapa-siapa. Saya hanya heran kok banyak orang yang mengajukan laporan penipuan investasi bodong. Tidak ada yang bisa kaya dalam waktu semalam, kecuali mencuri atau menipu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.