Cara Delist DNSBL all.s5h.net

Pernah IPv4 kamu sesekali ter-list oleh salah satu DNSBL all.s5h.net? Kalau iya, ternyata kamu tidak sendirian loh. Karena banyak juga yang kena DNSBL ini. Asal perlu tahu saja, terkena DNSBL bukan berarti berita yang sangat buruk. Kita bisa mengetahui bahwa server email kita mungkin kurang di konfigurasi dengan baik, adanya malware pada script web file serta mengirimkan spam, atau memang salah satu email account kamu digunakan orang untuk mengirimkan spam email dengan jumlah cukup banyak.

Tiga faktor yang saya jabarkan di atas adalah realita yang sebenarnya ketika IP server kamu terkena atau ter-list pada salah satu DNSBL. Nah kali ini saya ingin mencontohkan terkena DNSBL all.s5h.net, karena cara delist IP nya cukup tricky bagi yang belum tahu.

Jika kamu memasukkan hostname all.s5h.net di browser, maka secara otomatis dia akan redirect ke website http://www.usenix.org.uk/content/rbl.html dan detail cara bagaimana untuk delist adalah dengan meng-klik menu how do i delist di website tersebut. Pada keterangan tersebut kamu akan di arahkan untuk mengakses sebuah link http://www.usenix.org.uk/content/rblremove

Jika server kamu menggunakan windows server, maka dengan sangat mudah kamu bisa request delist dengan membuka web browser dan mengakses link di atas. Namun bagaimana jika kalau itu adalah linux server yang hanya menggunakan command line saja? Jangan takut, caranya mudah kok. Pertama login ke SSH dan kemudian akses command berikut :

curl -4 http://www.usenix.org.uk/content/rblremove

Kemudian ditunggu beberapa saat dan muncul outputnya. Jika berhasil, IP server kamu akan langsung ter-delist, namun harus menunggu waktu propagasi kurang lebih 60 menit. Namun ketika saya mencoba ternyata propagasinya sangat cepat dan tidak sampai 60 menit, hanya menunggu sektiar 10 menitan saja.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.