Ganti Kartu Debit Mandiri Tanpa ke Bank

Cara ini bisa teman-teman gunakan ketika ingin mengganti kartu debit Mandiri yang katanya harus diganti menjadi kartu debit disertai dengan chip. Banyaknya nasabah Mandiri adalah persoalan baru dimana tidak semua orang tidak akan bisa ke bank. Kemudian di zaman pandemi Corona begini juga banyak orang yang agak gimana gitu, ke bank juga bakal mikir dua kali lagi.

Jam Buka Bank Terbatas

Tidak usah jauh-jauh, saya saja yang bekerja di sektor IT infrastuktur swasta sangat sulit untuk ke bank dan melakukan penukaran kartu debit ke chip. Lho mengapa? Kan tinggal ke bank saja.

Kamu jangan salah. Untuk orang yang kerja di sektor iT infrastruktur, WFH bukanlah pertanda baik. Malah sebaiknya, kerjaan makin numpuk dengan adanya WFH ini. Karena tidak bisa fokus di rumah, jadi kerjaan makin lama untuk di selesaikan. Alhasil yang harusnya jam 6 sore kelar, bisa sampe jam 8 malam, 9 malam bahkan sampai jam 12 malam.

Sedangkan untuk cuti juga lumayan susah, harus mengambil 1 minggu sebelumnya.

CS Terbatas

Permasalahan utama selanjutnya selain jam buka bank terbatas adalah CS atau Customer Service yang sangat sangat terbatas. Di dekat rumah saya saja meja CS bank Mandiri hanya 2 saja. Ada 2 kantor cabang pembantu di sini. Tapi jam 8 pagi buka yang bisa diakses hanya 1 meja saja, kemudian menjelang jam 9 pagi baru kebuka 2 meja. Sudah gitu, jam 8.30 WIB saya ambil karcis itu sudah di urutan 50-an.

Bayangkan mau sampai jam berapa saya duduk di bangku itu? Memang tidak semua masalah nasabah itu ganti kartu. Tapi rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk 1 nasabah mendapatkan bantuan adalah berkisar 20-35 menit. Rata-rata ya. 1 Jam hanya ada 2-3 nasabah yang terlayani 1 meja. Kalau masalah lebih complex bahkan sampai 1 jam pun bisa saja belum rampung itu.

Dunia Digital

Ayolah bank Mandiri, awal-awal bulan disuruh ke kantor cabang pembantu saya merasa lucu sih. Tahun 2021 ini adalah dunia digital lho. Bank BTPN jenius saja bisa 100% digitalisasi. Mereka bahkan sudah tidak ada lagi teller, CS di bank seperti bank lain. Adapun itu CS ditaruh di kantor pusatnya saja yaitu Mega Kuningan. Itupun juga sedikit. Selebihnya register, request kartu, ganti kartu, 100% semua serba digital. Kalau pun ada verifikasi itu juga mudah deh.

Bank yang tidak diperhitungkan malah 2016 sudah mencuri start go 100% digital.

Kasih feedback

Bagi yang belum tahu, sebenarnya saya sudh kirim feedback 3x ke pihak Mandiri terhadap digitalisasi bank. 1x di twitter dan 2x via feedback aplikasinya. Inti pesannya adalah seperti ini. Bank Mandiri kan plat merah, BUMN lho kok bisa kalah dengan bank btpn Jenius. Dimana penggantian kartu pun sangat mudah tidak usah datang ke kantor cabang.

Saya engga tahu, apakah feedback saya di considerate atau tidak. Atau mungkin banyak juga nasabah yang mengirimkan feedback yang sama seperti saya. Apapun itu gatau deh.

Fitur Ganti Kartu di Aplikasi Livin’

Kemudian ada fitur ganti kartu atau replacement card di aplikasi Mandiri, Livin’. Caranya login > kemudian pada bagian kiri atas sentuh > lalu pilih Replace Debit Card. Kurang lebih seperti ini menunya.

Di sini aplikasi saya menggunakan bahasa inggris, jadi mungkin sedikit berbeda ketika kamu menggunakan bahasa indonesia.

Replace Debit Card

Pada dasarnya menu replace Debit Card adalah fitur yang sangat ditunggu-tunggu generasi muda sekarang agar bisa mendapatkan kartu dengan mudah, cepat dan praktis. Kemudian pengiriman dilakukan oleh kurir khusus yang sudah terpecaya, waktu itu saya diantar oleh JNE, thanks for your service. Dan layanan ini 100% gratis bank Mandiri yang akan membayar biaya kurir.

Activate Card

Oke setelah di request, mungkin butuh waktu 1-2 hari lalu akan di siapkan untuk di ship ke rumah kita. Waktu itu saya mengisi hari jumat, dan senin pagi hari kartu tersebut langsung datang ke rumah, diantar langsung oleh kurir JNE. Mantab!

Kemudian saya unboxing kartu debit mandiri terbaru, yang udah ada hologramnya. Dulu sebelum versi kartu ini kartu saya warna hitam pekat dan putih edisi platinum Visa. Namun sekarang, hitamnya ada degradasi dan sentuhan budaya indonesia banget, ditambah dengan efek hologram unik. Pokoknya keren banget deh.

Cara aktivasi sama persis, buka aplikasi Livin’ lalu pilih Activate Debit Card. Ini saya pake bahasa inggris, kalau bahasa indonesia kira-kira Aktifkan Kartu Debit.

Gambarnya kira-kira begitu nanti tinggal confirm aja OK deh langsung aktif. Lalu ditanyakan untuk membuat PIN ATM berisi 6 angka acak. Kemudian setelah selesai kamu diminta untuk konfirmasi autentikasi menggunakan password applikasi lagi. dan… DONE. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.