Solve The system cannot create the common domain

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyelesaikan pesan error pada cPanel yaitu The system cannot create the common domain You must choose a different domain name. Pada dasarnya indikasi error tersebut adalah kita tidak bisa membuat domain tertentu yang sudah terdefinisikan sebelumnya oleh pihak provider atau administrator.

Sebelum lebih jauh lagi, saya mau kasih disclaimer. Artikel ini hanya untuk cPanel dimana anda mempunyai akses WHM sebagai root atau administrator. Biasanya ketika kamu mempunyai cPanel dengan akses VPS atau Dedicated Server saja. Tidak berlaku untuk cPanel user biasa atau cPanel dengan akses WHM reseller.

Edit /var/cpanel/commondomains

Hal pertama adalah melakukan modify pada file /var/cpanel/commondomains. Cari bagian kata yang mengandung unsur yang dilarang. Kemudian berikan tanda pagar # atau comment di bagian depan untuk me-non-aktifkan fungsi common domain tertentu yang dipilih.

Misal.

#domain1
#domain2

Add Domain

Langkah berikutnya adalah menambahkan domain yang tadinya ingin ditambahkan. Iya, tambahkan saja seperti biasa. Bisa deh.

Oke, sekarang kamu sudah tahu caranya bukan? Mudah.

Jangan Lupa Kembalikan

Pesan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah jangan lupa merapihkan perubahan yang barusan kita buat. Jika memang dibutuhkan maka kita bisa menggunakan cara cheat ini, tapi jika memang environment server kamu adalah production dan untuk shared server pengguna lain, maka sebaiknya di kembalikan seperti semula dengan cara menghilangkan tanda pagar (#) di depannya.

domain1
domain2

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.