Aktivasi Windows Server 2019 Failed Terus

Pengalaman menarik yang bisa di share buat teman-teman yang sedang mencoba melakukan aktivasi Windows Server 2019 yang mengalami kegagalan terus menerus alias failed. Biasanya terjadi ketika kita ingin mengaktifkan license dengan sistem operasi Windows Server 2019 Standard pada sebuah license yang memang di design sebagai volume bulk activation.

License VM

Jadi ceritanya ketika sedang kerja saya harus mengaktivasi VM dengan sistem operasi 2019 Standard. Ketika dilakukan dengan cara yang biasanya, klik kanan My Computer > Properties > Activate Product Key > Masukkan key > Failed. Waduh, saya pikir masa iya yang reinstall enginer nya ini pake ISO yang bukan versi volume bulk file ISO? Bisa jadi.

Saya cek ke enginer yang bertugas, dia mengatakan melakukan reload ke sistem operasi Windows 2019 standard dengan ISO yang biasanya digunakan enginer lain, yang mana sudah sesuai dengan instruksi. Berarti masalahnya bukan disitu. Ada sesuatu yang men-trigger agar license bulk nya tidak bisa ter-aktivasi. Tapi apakah itu…

Cara Manual

Akhirnya setelah mencari sekitar 5 menit di hutan mbah google ada referensi yang mengatakan melakuan aktivasi pakai manual menggunakan Power Shell. Tutorial ini saya dapatkan di komunitas Microsoft ketika ada member lain dengan masalah yang mirip sama dengan saya. Oke kemudian saya coba, eh bisa.

Buka Power Shell > run as Administrator.

Lalu masukkan command berikut dimana ganti #### dengan nomor license kamu.

slmgr /ipk #####-#####-#####-#####-#####

Setelah itu dilanjutkan masih dalam window yang sama.

slmgr /ato

Oke selesai.

Sekarang kita cek dengan cara klik kanan My Computer dan cek Properties. Selamat, sekarang license kamu sudah berubah statusnya menjadi activated.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *