Pindah ke Blesta, Import database dari WHMCS

blesta

Halo semua, nah setelah lama menggunakan WHMCS (bertahun-tahun) akhirnya saya memutuskan untuk pindah platform ke Blesta. Alasan fleksibilitas dan kompleksitas adalah salah satunya. Selain itu juga, Blesta adalah platform billing system yang tidak bisa di anggap sebelah mata. Selain simpel dan mendukung plugin banyak, saya jadi tertarik menggunakan Blesta. Yuk kita mulai.

Import Database

Kalian tidak perlu takut bagi ex-pengguna WHMCS. Jika ingin melakukan perpindahan ke Blesta tidak perlu pusing. Karena developer Blesta sudah menyediakan fitur import database yang sudah support untuk WHMCS. Kita hanya perlu mengaktifkan pluginnya saja. Lalu gimana caranya?

Pada Blesta masuk ke menu Settings yang ada di kanan atas. Kemudian pilih Plugins. Pilih pada sub menu Available kemudian cari plugin bernama Import Manager. Jika sudah terpasang, akses pada bagian sub menu Installed dan klik Manage.

Jika ditanya platform mana saja import manager ini support maka jawabannya :

  • Blesta versi jadul 2.5
  • Clientexec versi 5.5
  • CSV versi 1.0
  • WHMCS versi 5.2 – 7.108.0

Import dari WHMCS

Lalu apa saja yang harus diperlukan untuk melakukan import dari WHMCS? Nantinya Blesta akan masuk lewat database, jadi misalkan WHMCS kamu licensenya mati, tidak masalah. Yang penting akses ke File Manager dan databasenya masih bisa.

Sebelum itu, pastikan database dari WHMCS tersebut sudah di set allow from anyhost. Karena akan di remote dari server luar. Kedua, untuk melihat detail database existing dari WHMCS ini kita pergi ke File Manager. Kemudian cek di configuration.php disitu tertera nama database, password, dan encryption key hash. Kemudian tinggal isi saja pada form yang dibutuhkan pada Blesta import manager WHMCS.

Proses import sangat sebentar, dan perlu di garis bawahi bahwa proses import hanya melakukan import yg sifatnya data seperti produk, packages, customer saja. Namun untuk order page dan konfigurasi detail pada packages harus di setup lagi di Blesta.

Selesai

Oke secara keseluruhan sudah selesai. Waktu yang dibutuhkan cuma kurang dari 5 menit saja. Selamat mencoba, semoga berhasil.

In case kalau kalian butuh official document nya, bisa refer ke halaman migrating to blesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *