Enable HyperV Live Migration

Tips buat kalian yang punya server cluster Windows dengan menggunakan virtualisasi HyperV, untuk mempermudah hidup kalian dan bisa melakukan live migration, maka kami sarankan untuk mengaktifkan fitur HyperV Live Migration. Caranya sangat mudah. Bisa dari PowerShell atau dari Hyperv Interface langsung.

Guna Live Migration

Sudah tidak usah ditanyakan lagi, tentu fitur ini sangat dibutuhkan untuk memindahkan server yang menggunakan hyperv virtualisasi. Tujuannya tidak lain adalah high availability dan untuk mengantisipasi jika adanya kerusakan yang secara fatal pada suatu node.

Baca juga : Cara Mudah Enable Disable Touch Screen Windows 10

Enable Live Migration CLI

Untuk mengaktifkan live migration Hyperv melalui CLI, kamu bisa menggunakan power shell, namun dengan authority Administrator. Sebagai contoh gambar di bawah ini saya menggunakan Windows Server 2016 Datacenter Edition dan elevate as Administrator.

Kemudian ketik seperti yang ada pada gambar.

Enable-VMMigration

Enable Live Migration Interface

Jiko opsi live migration diaktifkan lewat interface Hyperv, maka akan seperti ini. Pertama, kita buka Hyperv menu dulu. Caranya: Server Manager > Tools > HyperV Manager. Kemudian pada sebelah kanan klik Hyper-V Settings.

Baca juga : Cara Fix Windows Server NIC Limited

Kemudian pada menu Live Migrations pastikan untuk ceklis “Enable income and outgoing live migrations”. Lalu klik ok/ Apply.

Dan sekarang host node kamu kini bisa digunakan untuk live migration atau migrasi biasa antar host node.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *