Bagaimana Masa Depan Pengguna CentOS?

Buat yang belum tahu, CentOS 7 akan mengakhiri EOL atau End Of Life pada tahun 2024 nanti dan tahun ini (2021) sudah dikeluarkan sistem operasi pendukung baru yakni Centos 8. Namun CentOS 8 hanya akan di topang oleh pihak developer hingga akhir 2021 nanti, selanjutnya CentOS 8 akan menjadi CentOS stream. Hal ini mungkin akan membuat para pendukung dan pemerhati CentOS kecewa akan keputusan tersebut.

CentOS Adalah Distro Terbaik

Bukanlah isapan jempol belaka, bahwa CentOS adalah distro terbaik yang pernah ada. Bahkan bagi sebagian orang mereka lebih memilih CentOS ketimbang Debian atau turunannya, karena lebih stable dan reliable untuk beberapa aplikasi yang dikembangkan. Saya saja selalu menggunakan CentOS sejak rilis CentOS 5.x. Mungkin sejak tahun 2011 saya menggunakan CentOS untuk seluruh 90% project karena alasan stable dan reliable.

Namun pada CentOS 8 hal itu adalah kebalikan dari fakta yang ada selama ini. Fakta bahwa CentOS 8 sudah di upgrade bukan berarti distro ini lebih stable atau lebih bagus. Namun mengalami restrukturisasi cukup lumayan pada bagian backend dan berakibat fatal. Salah satunya yaitu munculnya potensi bug yang ada terhadap aplikasi yang akan kita deploy atau akan kita gunakan. Tentu kamu tidak mau membuang waktu nyari solve bugs yang ada terhadap aplikasi yang kamu gunakan, masih mending kalau banyak yang make, kalau sedikit dan tidak ada yang bisa fix bagaimana?

Baca juga : Bikin Banner SSH Pada User Tertentu di Linux

Fakta selanjutnya yang harus kamu tahu adalah CentOS 8 dan seterusnya CentOS stream tidak di support oleh industri web hosting control panel, seperti cPanel dan Plesk. Jadi mentang-mentang versi CentOS lebih tinggi bukan berarti lebih stable. Tidak! Kamu harus lihat versi changelog untuk lebih detail. Perombakan sistem yang ada tentu akan membuka celah baru seperti bugs dan exploit mungkin. Bahkan baik itu cPanel dan Plesk, mereka lebih merekomendasikan penggunaan CentOS 7 terlebih dahulu.

Masa Depan CentOS

Yang saya mau jelaskan sebenarnya adalah CentOS kini tidak lagi turunan dari RHEL – Red Hat Enterprise Linux. Namun CentOS 8 dan stream akan menjadi acuan bagi RHEL ke depannya untuk pengembangan sistem operasi mereka. Mengapa demikian? Penjelasannya agak panjang, tapi saya coba jelaskan singkat padat saja.

Intinya RHEL kini di miliki asetnya oleh IBM. Kemudian development CentOS sempat terhambat keuangan dan pada akhirnya menyerah dan menjual asetnya kepada IBM. Kemudian IBM (sepertinya) akan mengganti tren mode open source menjadi komersil. Nantinya baik itu RHEL dan IBM akan mengembangkan infrastruktur cloud yang tentu saja sifatnya komersil sekali.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk misi ambisium IBM, namun ada beberapa alternatif yang bisa kamu coba. Dan kabarnya beberapa platform hosting seperti cPanel dan Plesk mungkin akan mencoba distro lain yang mirip CentOS 7. Diantaranya seperti RockyLinux dan AlmaLinux. Dua distro ini nantinya akan menjadi turunan dari RHEL dan sama seperti CentOS 7.

Baca juga : Install cpulimit di Centos 7

Bahkan pada halaman official cPanel, mereka mengatakan akan mempercepat pengembangan cPanel untuk Ubuntu LTS sebagai opsi alternatif tambahan karena CentOS 8 akan memasuki EOL pada akhir 2021 nanti. Untuk pengguna Plesk kamu bisa santai, karena dia bisa di pasang di versi sistem operasi berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *