Bikin Banner SSH Pada User Tertentu di Linux

Untuk sebagian orang, tentunya membutuhkan konfigurasi lanjutan untuk customise server yang berbasis multi user. Apalagi dengan adanya beberapa user yang tersambung ke SSH server tersebut, dan membutuhkan SSH banner hanya untuk user tertentu saja mungkin cara yang saya share bisa membantu.

Biar tidak simpang siur, banner SSH yang saya maksud di sini adalah ketika salah satu user SSH server mencoba login ke server dan berhasil masuk ke SSH access via shell command line interface, kemudian tidak lama akan muncul notifikasi berupa text yang sudah di persiapkan oleh root atau administrator.

Modifikasi File .ssh

Pertama-tama kita harus masuk ke folder .ssh dan buat file bernama rc. Nah, dari situ kemudian kita bisa membuat modifikasi banner berupa text yang akan kita buat dan nantinya di lihat oleh user SSH tersebut ketika ia berhasil masuk ke shell accessnya.

Sebagai contoh saya akan memasang banner text percobaan pada user SSH yang bernama adam.

echo "echo ini adalah banner > /home/adam/.ssh/rc"

Nantinya ketika user yang bersangkutan berhasil masuk ke SSH akses, maka akan muncul tulisan ini adalah banner di console SSH access interfacenya.

Membuat Banner Multi Baris

Lalu bagaimana kalau ingin membuat multi baris banner untuk user tertentu? Kalau begitu kita hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan yang diinginkan. Kita set multi baris.

Baca juga : Cara Fix Windows Server NIC Limited

vi /home/adam/.ssh/rc

Kemudian isikan banner sesuai kebutuhan:

echo =================
echo ini banner pertama
echo =================

Ya kira-kira begitu nantinya dia akan print semua syntax echo tersebut langsung setelah user adam sukses login melalui SSH.

Leave a Reply

Your email address will not be published.