Block IP Mudah Dengan htaccess

Buat kamu yang saat ini yang sedang punya masalah karena adanya IP luar atau bot yang membuat penggunaan website menjadi sangat besar, bisa menggunakan htaccess untuk melakukan block IP dengan mudah. Tentu saja harus ditentukan dulu sejak awal. Mau blok semua IP dan hanya IP tertentu yang bisa akses, atau blok IP tertentu saja?

Membuat htaccess

File htaccess adalah salah satu file sakti yang wajib ada di setiap web file kita. Karena kemampuannya untuk memblokir sejumlah IP membuat htaccess adalah file sakti yang wajib setiap administrator website ketahui.

Membuat file htaccess cukup mudah. Cukup buat file baru lalu namakan dengan .htaccess saja. Ingat, ada titik di depannya ya.

Rule Blok IP Tertentu

Pada opsi pertama, kita bisa blok IP tertentu saja yang mau akses ke website kita. Sebagai contoh saya mau blokir IP 123.123.123.123 agar tidak bisa akses website saya. Maka file htaccess harus seperti ini formatnya.

Order Allow,Deny
Allow from all
Deny from 123.123.123.123

Lalu kalau ingin blok beberapa IP tertentu saja bagaimana?

Order Allow,Deny
Allow from all
Deny from 123.123.123.123
Deny from 1.1.*.*
Deny from 9.9.9.9

Bagaimana kalau ingin blok IP dengan 1 subnet?

Order Allow,Deny
Allow from all
Deny from 123.123.123.0/24

Rule Allow IP Tertentu

Pada opsi kedua, kita hanya akan membolehkan IP tertentu saja untuk mengakses website kita. Sebagai contoh, saya hanya ingin allow IP 2.2.2.2 saja untuk mengakses website saya.

Order Deny,Allow
Deny from all
Allow from 2.2.2.2

Jika ingin di allow dalam beberapa IP tertentu maka…

Order Deny,Allow
Deny from all
Allow from 111.111.111.111
Allow from 2.2.*.*

Sekarang sudah tahu kan, ternyata bermain dengan htaccess sangat mudah untuk keamanan akses website. Silakan di coba dan di share. Jika punya pertanyaan lebih lanjut bisa tanya di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *