Cara fix RTNETLINK answers: File exists di Ubuntu

Pernah mengalami error seperti di atas ketika sedang ingin restart network? Hm, kalau begitu kamu tidak sendirian, kita sama gan. Karena beberapa pengguna Ubuntu server, mungkin saja mengalami hal yang sama. Lalu bagaimana cara fix error seperti di atas?

Investigasi

Error tersebut muncul ketika sedang ingin melakukan restart network. Bahkan ketika kita melakukan ifdown eth0 atau ifup eth0, tetap saja muncul pesan yang sama.

RTNETLINK answers: File exists

Error ini muncul ketika kita mempunyai 2 eth link yang berbeda (contoh: eth0 dan eth1) kemudian mempunyai default gateway di kedua eth link tersebut (walaupun IP gateway berbeda).

Baca juga : Konfigurasi Sysstat / Sar di Ubuntu

Cara fix

Menurut referensi dari Ubuntu yang saya baca sebelumnya, pada Ubuntu kita tidak boleh menambahkan default gateway 2 baris. Jadi pastikan baris bagian default gateway hanya 1 baris saja. Biasanya sih selalu ditaruh di link eth0.

Biasanya keadaan ini terjadi ketika seseorang ingin setup sebuah server, namun menambahkan link VPN agar bisa terhubung ke server lainnya. Nah ada bagian yang harus kita perhatikan. Pastikan metrik dari eth1 lebih tinggi prioritasnya dari metrik eth0. Bagaimana cara ceknya?

route -n

Lalu pastikan routing IP sudah benar dan urut.

ip ro

Ubah Metric

Sangat penting untuk memastikan metric sudah benar sesuai urutan. Metrik dengan angka yang lebih kecil mempunyai prioritas yang lebih tinggi dari eth link yang lain. Sedangkan metrik dengan angka yang lebih besar mempunyai prioritas yang lebih rendah. Dalam hal ini jika eth0 ingin dipasangkan metric 0, maka metric yang lain harus lebih besar dari 0, misalnya 50.

Baca juga : Install OpenVPN di Ubuntu Hanya 5 Menit

Untuk contoh gambar bisa di lihat di atas. Pada baris auth eth1 ditambahkan metric 50.

Jika sudah, kita restart network.

service networking restart

Kini server yang bersangkutan bisa di ping atau bisa di akses lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *