Mengatasi: Application Blocked by Java Security

Oke sekarang kita ngebahas sedikit tentang bagaimana mengatasi error seperti judul di atas. Sebelum cerita lebih jauh, mau kasih tau buat teman-teman bahwa aplikasi Java mempunyai security yang bagus dan tinggi. Jutaan device dan hardware menggunakan Java sebagai software mereka, tapi kadang di bundle, dan kita tidak tahu. Lalu bagaimana cara kita mengatasi application blocked ini?

Pendahuluan

Notifikasi application blocked ini pada umumnya selalu terjadi pada browser. Biasanya ketika sedang ingin melakukan akses ke suatu perangkat atau melakukan remote setting ke perangkat tertentu. Tentu saja, backend atau firmware dari perangkat tersebut menggunakan Java. Kira-kira contoh gambarnya seperti ini.

Baca juga : Install KDE Plasma di Ubuntu 16

Nah kalau sudah begini pasti bingung deh.

Tambahkan Exception List

Sebenarnya konsep cara fix nya adalah dengan menambahkan URL yang akan kita akses tersebut ke daftar exception list dari Security Java. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya (ketik maksudnya), security Java itu sangat kuat dan terlalu bagus XD. Lalu bagaimana cara menambahkan exception list?

  • Buka aplikasi Java yang bisa diakses dari menu Start > Configure Java windows kamu.
  • Klik bagian tab Security.
  • Lalu di bawahnya untuk “Security Level…” di set ke High.
  • Tambahkan URL lengkap pada kolom Exception Site List. Caranya klik Edit Site List.
  • Lalu jangan lupa klik OK

Baca juga : Install Duo Security pada Linux

Contoh Gambar

Untuk detail gambar lengkapnya, kira-kira seperti ini.

Jadi untuk penambahan alamat exception list hanya tulis protokol (http / https) kemudian alamat IP (IPv4) saja seperti gambar di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.