Solusi Membasmi Malware di Linux

Sebelumnya saya sudah membagikan artikel (lawas) tentang cara hilangkan malware pada website. Dan setelah sekian lama saya juga lupa posting tentang cara membasmi malware secara eksplisit. Nah sekarang kita akan membahas cara membasmi malware di Linux khususnya di dunia hosting dengan menggunakan revisium. Sekarang sudah ganti nama menjadi aibolit.

Sayangnya website resmi dari revisium dan ai-bolit saat ini sudah hilang. Karena engine revisium sudah dikembangkan oleh Cloudlinux dan saat ini produknya secara komersil dijual dengan nama Imunify.

Baca juga : Cara Fix Cepat “Imunify Agent is Not Running”

Pada dasarnya Imunify dipasang menggunakan control panel tertentu saja, seperti Direct Admin, Plesk, dan cPanel. Namun untuk scan standalone manual bisa menggunakan link ini untuk mendownload scriptnya.

Buat yang punya control panel seperti cPanel, Plesk, Direct Admin, saya sarankan langsung install Imunify versi free saja. Dan lakukan scan dari built-in menu control panel yg dipasang.

Cara Scan

Scanner aibolit menggunakan command-line yang sangat simpel. Untuk melakukan scan, download semua file yang ada sebagai zip / tar.gz atau apapun itu jenisnya. Kemudian pada folder ai-bolit terdapat 2 file. Taruh ke 2 file tersebut secara bersamaan ke folder tempat kamu akan scan web file.

Kemudian run command seperti ini. Diperlukan minimal versi php70 untuk menjalankan script ini.

php ai-bolit.php

Scan akan berjalan dan setelah selesai akan mengeluarkan template report berupa html. Kamu tinggal buka html tersebut di browser untuk dibaca detailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *