Cara Mengaktifkan RBL Check di WHM

Masalah email spam adalah masalah yang cukup serius yang bisa kita temui. Apalagi kalau email yang kita gunakan menggunakan email perusahaan atau email dengan domain sendiri, alias domain yang kita bayar ke penyedia domain. Buat kamu yang menggunakan WHM/cPanel maka mengaktifkan RBL di WHM bisa mengurangi jumlah spam secara signifikan.

Sebelum lebih lanjut lagi, saya mau ingatkan bahwa artikel ini hanya untuk mereka yang punya akses root atau administrator dari server cPanel atau WHM. Tidak berlaku untuk end-user atau reseller.

Konsep

Penggunaan RBL yang ada di WHM pada dasarnya berfungsi sebagai firewall tambahan untuk mendeteksi IP server yang sudah ditandai sebagai blacklist agar ditolak masuk ke mail server. Cara tersebut saya rasa sangat ampuh, namun bisa jadi senjata makan tuan. Karena IP yang sudah di labeli blacklist oleh RBL tertentu bakal ditolak masuk.

Baca juga : Jangan Tertipu Dengan Email Spam

Exim Configuration

Untuk set custom RBL yang diinginkan, masuk ke WHM sebagai root, lalu akses menu Exim Configuration Manager. Pada bagian menu exim, lakukan search dengan pencarian rbl untuk mempermudah pencarian. Lalu klik Manage.

Berikut RBL yang ampuh untuk membunuh spam :

  • RBL Name: Barracuda ; RBL info url: http://www.barracudacentral.org/rbl/removal-request ; DNS List: b.barracudacentral.org
  • RBL Name: CBL Abuse ; RBL info url: http://www.abuseat.org/lookup.cgi ; DNS List: cbl.abuseat.org

Tinggal masukkan ke dalam custom RBL yang sudah disediakan oleh WHM. Lalu klik Add.

Sebagai catatan penting, menambahkan proteksi RBL bukan berarti bisa menghentikan SPAM secara seluruhnya dan permanent, tapi paling tidak kita bisa memfilter volume email sebagian besar yang akan masuk ke mail server. Terlalu banyak menambahkan RBL bisa mengakibatkan email yang masuk ditolak karena terlalu banyak filter. Jadi saya sarankan gunakan 1-3 RBL custom saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *