Merubah Default Strength Password di cPanel

Setelah cPanel berhasil terpasang, tidak serta merta kita langsung diam saja tidak melakukan konfigurasi apapun. Ada beberapa yang harus kita konfigurasi jika memang ingin berjalan secara maksimal. Karena by default, keamanan yang diberikan oleh cPanel adalah minimum security. Apalagi sekarang kita harus pintar-pintar mengkonfigurasi untuk jaga-jaga. Salah satunya adalah merubah default strength password.

Password Lemah

Secara default password strength yang ditentukan oleh pihak cPanel adalah 40. Jika diterjemahkan ke bahasa kita, berarti hanya kombinasi simpel huruf saja. Oleh karena itu harus kita rubah, untuk menghindari bahaya dari bruteforce. Lalu bagaimana cara merubahnya?

Baca juga : Dimana password root saya di Kimsufi?

Ubah Password Lemah

Pertama, login ke WHM dengan username root dan password yang sudah ditentukan. Kemudian WHM >> Home >> Security Center >> Configure Security Policies.

Lebih simpelnya, ketika kamu login di WHM dan berada di dashboard, maka gunakan fungsi search yang ada di sebelah kiri. Lalu ketik “policies“. Nanti akan muncul menunya. Contoh seperti di bawah ini.

Kemudian setelah terbuka, pada bagian Security Policy Items kita klik tulisan biru seperti yang ditujukan gambar di bawah ini.

Lalu ganti indikator angka dari Default Required Password Strength menjadi angka yang diinginkan. Saya merekomendasikan memasukkan angka 80.

Selamat! Sekarang default password yang harus diisikan wajib hukumnya mempunyai skor 80. Apa itu skor 80? Skor 80 jika diartikan, berarti setiap password yang harus dibuat harus mempunyai indikasi 80, yang berarti berisi huruf, angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol.

Baca juga : Login ke ssh tanpa password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *