Best Alternative Google Ads: Chitika Tutup

Buat kamu yang dulu atau sekarang masih bermain di area adsense, mungkin sudah tidak asing lagi. Bagi sebagian orang, internet bukan hanya tempat untuk chatting atau main game saja. Tidak hanya tempat bisa belajar, namun juga tempat mencari uang. Salah satu yang dulu sempat viral adalah Chitika, salah satu alternative selain Google Adsense.

Pilihan Alternative

Chitika bisa dikatakan sebuah platform adsense alternatif selain Google, yang cukup diburu orang. Pertama kali saya menggunakan layanan Chitika adalah tahun 2011 pertengahan. Karena waktu itu entah kenapa account Google Adsense saya tiba-tiba di blokir oleh pihak Google dan saya juga enggak ngerti kenapa. Padahal ya biasa-biasa saja. Nah dari situ akhirnya pindah ke Chitika.

Registrasi Mudah

Saya bisa katakan persyaratan dari Chitika sangat mudah. Walaupun dalam ketentuan terdapat beberapa poin yang sepertinya menyulitkan ketika dibaca, namun nyatanya tidak. Saya mendaftarkan 1 website dengan visitor per hari 100-500 visitor dengan artikel berbahasa inggris waktu itu dengan mudah. Karena review tiap website dilakukan secara manual, butuh waktu sekitar 3 hari agar account saya aktif dan mulai menampilkan iklan.

Payout $10

Yang menarik dari Chitika adalah sistem PO (Pay Out) rate yang sangat rendah pada waktu itu. Mengingat Google Adsense dulu seingat saya payout rate adalah $100, lalu beberapa adsense alternative lain juga mematok payout rate yang cukup tinggi yakni $50. Oleh karena itu payout yang rendah adalah salah satu alasan saya memilih Chitika.

Pembayaran via Paypal

Pembayaran atas jasa publisher dilakukan menggunakan Paypal. Jadi kamu yang ingin mencairkan duit di Chitika wajib hukumnya mempunyai account Paypal yang aktif dan tidak status hold. Secara default, Chitika melakukan pembayaran minimal $10 tiap bulannya pada tanggal ke 10 atau 11.

Baca juga : Jenius: Solusi pembuatan account paypal

Chitika Tutup

Setelah melayani para publisher lebih dari 15 tahun, akhirnya Chitika tutup usia juga. Hingga saat ini masih belum jelas alasan pastinya, mengapa best alternative Google Adsense ini tutup. Menurut informasi yang saya dapat, sekitar tahun 2019 akhir banyak para publisher yang mengeluh karena pembayarannya terhambat hingga akhirnya Chitika tidak dapat membayar mereka.

Saya dulu adalah pengguna aktif Chitika dari tahun 2011 hingga tahun 2014. Selama hampir 3 tahun itu saya merasa pendapatan Chitika memang enggak terlalu besar, tapi lumayan daripada zonk sama sekali. Kalau lagi ada artikel yang seru, bisa saya cash out $15 hingga $30 dalam sebulan saja. Kalau lagi sepi dan gak kena tren artikel, biasanya tiap 2 bulan saya cash out $20 – $40. Jadi dapetnya ga banyak-banyak banget sih. Tapi lumayan buat saya jual lagi dalam Rp.

Semoga informasi ini bisa memberikan insight bagi teman-teman tentang dunia Adsense. Yang pasti, sistem semakin hebat dan inovasi tiap bulannya selalu muncul baru. Teknologi dan bisnis Adsense menurut saya adalah bisnis yang tidak ada matinya. Jadi gak ada salahnya kalian main di bidang Adsense iseng-iseng kok.

Baca juga : File Hosting yang menghasilkan uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *