r1soft: Unable to open snapshot device ‘/dev/cdp1’ retry 60; Operation not permitted

Panduan bagaimana cara fix backup r1soft yang muncul dengan pesan error seperti judul di atas. Perlu di garisbawahi, pesan error ini hanya muncul saat server anda menggunakan r1soft backup dan CloudLinux. Jika kalian mengalami hal yang sama, ketika server menggunakan CloudLinux maka tidak jarang muncul pesan error seperti ini. Berikut cara simpel yang bisa kita lakukan :

Ketika muncul pesan yang macamnya seperti ini, kalau dulu banget biasanya kita akan melakukan reboot. Bagi CloudLinux yang memang selalu dipasang pada environment shared, sangat tidak ideal jika kita harus melakukan reboot hanya karena masalah ini. Untuk fix reboot lalu mengorbankan uptime dan availability pada shared environment.

Oleh karena itu ketika melihat ke dalam log server, terlihat bahwa r1soft entah kenapa tidak diperkenankan atau selalu muncul pesan operation not permitted. Menurut saya ada yang salah mengapa dia tidak permitted?

Lalu saya mencari dan googling ternyata berkaitan dengan Cagesfs. Namun sampai disitu masih cukup bingung, apa pengaruhnya. Sampai saya mendapatkan referensi untuk melakukan restart pad Cagefs. Kemudian backup bisa kembali berjalan normal.

cagefsctl --reinit

Semoga teman-teman terbantu dengan adanya post ini. Jangan lupa shared dan linkback ya =D

sumber : [1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *