Selamat Tahun Baru 2021!

Sekarang sudah tanggal 3 Januari dan memasuki tahun 2021. Seharusyna postingan ini saya post tanggal 1 Januari 2021. Namun karena bersamaan dengan ngumpul bareng keluarga terdekat, jadi mau tidak mau artikel ini saya simpan dan baru bisa di post tanggal 3 Januari 2021. Mohon maaf, tapi yang terpenting buat semuanya, selamat tahun baru 2021.

Mungkin banyak dari kalian yang memikirkan resolusi tahun 2021. Kalau menurut saya itu TIDAK PENTING. Percuma saja kita berangan-angan membuat resolusi tahun 2021, toh seminggu setelah tahun baru semuanya juga lupa dan kita mendadak amnesia. Perayaan tahun baru menurut saya enggak butuh yang namanya resolusi. Yang terpenting bukan resolusi, tapi planning jangka panjang dan selesaikan masalah atau pun konflik yang ada di depan mata saat ini.

Tahun 2020 bagi saya cukup berat tapi tidak seberat seorang CEO yang mengatur perusahaan besar. Dari segi finansial memang tidak ada yang kekurangan, hanya saja kebutuhan dan dana tidak terduga bertambah cukup signifikan karena virus yang viral di 2020. Ya, virus Covid19 nyatanya memang memaksa kita semua untuk de-accelerate hingga hampir mendekati point nol. Bahkan efeknya di ekonomi negara, tidak tanggung-tanggung kita mengalami resesi di Q2 dan Q3.

Saya mungkin bukan ahli ekonomi dan politik. Saya cuma teknisi IT yang bekerja di bidang system administrator saja dan senang hal-hal berbau teknis terbatas pada apa yang saya sukai. Namun dengan adanya 2021 semoga menjadi titil balik kita semua untuk bekerja sama untuk menghadapi pandemi virus Corona ini.

Adanya vaksin mungkin sebagian besar membuat orang senang. Tapi dari apa yang saya pelajari dan informasi yang saya baca, vaksin bukan berarti 100% kebal terhadap viirus Corona, paling tidak membutuhkan penelitian lebih lanjut dan pemberian vaksin dengan hasil maksimal tidak hanya 1 kali saja. Lagipula, prioritas yang pertama adalah tenaga kesehatan, dokter, dan mereka yang bekerja di front-liner menghadapi virus Covid19.

Di tahun 2020 saya kurang setuju dengan istilah 3M. Yang paling populer adalah memakai masker. Yes benar. Masker bisa memotong penyebaran virus Corona. Tapi ada yang lebih penting lagi yang perlu dilakukan. Makan enak, makan sehat, dan olah raga setiap hari. Sekarang pertanyaannya, apakah semua orang sudah menerapkan hal tersebut selain memakai masker? Apakah kamu sudah mempraktekkan selain memakai masker?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *