Cara Fix: /usr/sbin/service: /bin/sh: bad interpreter: No such file or directory

Buat kamu yang bingung bagaimana cara fix error seperti judul yang ada di atas, jangan takut. Berdasarkan pengalaman, biasanya kalau kaya gini ada tim kita yang messed up ke server atau mungkin kita yang lupa membuat servernya jadi error. Error tipe ini biasa ditemukan di semua distro Linux seperti CentOS, Ubuntu, dan lainnya. Gimana cara fix nya?

Efek Samping

Untuk efek samping yang ditimbulkan adanya error tersebut yaitu kita tidak bisa mengeksekusi semua script yang menggunakan intepreter /usr/bin/sh atau /bin/sh. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti :

  • Entah /usr/bin/sh corrupted filenya
  • Entah ada yang hapus /usr/bin/sh
  • Atau lainnya

Cara Fix

Untuk cara fix nya sangat mudah. Pada dasarnya /usr/bin/sh satu paket dengan file executable dari /usr/bin/bash. Oleh karena itu hal pertama adalah pastikan file /usr/bin/bash ada dulu.

ls -la /usr/bin/bash

Nah kalau ada aman. Kita tinggal membuat symlink saja.

ln -s /usr/bin/bash /usr/bin/sh

Oke selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, interpreter di script yang awalnya ada /usr/bin/sh tidak dapat di execute oleh server karena memang tidak ditemukan. Untungnya file /usr/bin/bash masih di sana, jadi tinggal kita buat symlink saja.

Kalau memang file /usr/bin/bash tidak tersedia, ada baiknya kamu ambil dari backup saja. Makanya sangat penting adanya backup daily di production server. Karena bisa report juga kalau tidak ada backup dan di saat yang mengenaskan. Semoga membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *