/var/lib/mysql/ibtmp1 Size Besar dan Membengkak

Tips buat teman-teman yang kadang suka bingung mengapa disk server tiba-tiba saja jadi banyak dan bengkak tidak terkendali, misalnya hingga 100 GB pada file ibtmp1. File ini berhubungan dengan mysql proses pada server kamu, serta berhubungan dengan innodb.

Ada beberapa cara bagaimana mengatasi file /var/lib/mysql/ibtmp1 yang membesar sangat cepat.

Solusi Singkat

Jika sangat emergency sekali, maka solusi singkat yang bisa ditawarkan adalah dengan melakukan restart proses mysql pada server kamu. Dengan begitu file ibtmp1 ini akan ikut hilang dengan sendirinya.

service mysql restart

Tapi ingat, ketika file mysql start lagi, file ibtmp1 akan terbuat lagi secara otomatis dan bakal bertambah sendirinya ketika query buffer innodb makin banyak dalam server.

Solusi Permanent

Untuk solusi permanent, kita harus menambahkan 1 baris syntax khusus yang membatasi file ibtmp1 agar tidak terlalu over populated sizenya. Silakan tambahkan baris ini ke paling akhir dari cnf file.

Backup dulu filenya.

cp -p /etc/my.cnf /etc/my.cnf-ori1

Kemudian masukkan baris ini ke /etc/my.cnf paling bawah :

innodb_temp_data_file_path = ibtmp1:12M:autoextend:max:1G

Lalu jangan lupa restart mysql/mariadb

service mysql restart

Jadi penjelasannya adalah buffer file minimal yang akan terbuat pada file /var/lib/mysql/ibtmp1 adalah 12 MB, kemudian secara otomatis akan bertambah hingga batas 1 GB (yang kita tentukan).

Kamu juga bisa menambahkan buffer size yang diinginkan misalkan ubah 12 MB jadi 20 MB dan ubah 1G menjadi 5G, dst. sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *