Cara Fix Windows Server NIC Limited

Windows Server mungkin adalah salah satu primadone bagi sebagian Administrator khususnya yang berhubungan dengan aplikasi Windows atau interaksi antar aplikasi di Windows. Tapi kadang Windows suka aneh sendiri, apalagi di bagian networking. Terdapat tulisan NIC1 Limited.

Walaupun indikasi internet server windows lancar, dan tidak ada masalah namun entah kenapa ada tulisan NIC1 Limited begitu. Ternyata ada beberapa permasalahan. Salah satunya adalah NIC (Network Internet Card) pada notifikasi menunjukkan status Limited dengan tanda pentung kuning di pojok kanan bawah.

Disable Adapter Tak Terpakai

Cara pertama adalah silakan disable adapter network yang tidak terpakai. Kadang dia bakal suka ngebaca ngaco ketika di windows server kamu ada 2 NIC. 1 terpakai dan 1 nya lagi unplugged.

Aktifkan service Network Location Awareness

Cara kedua adalah pastikan service yang bernama Network Location Awareness ini sudah kamu pastikan aktif ya. Karena service ini berfungsi mendeteksi network dan menyimpan informasi network mana saja yang aktif dan tidak yang nantinya berupa interface notifikasi ke end user.

Cara aktifkannya :

Windows PS (Power Shell > Ketik services.msc > Cari Network Location Awareness > Jika Disabled pindahkan ke mode Automatic > Start Service

Jangan kaget sekarang tanda pentungan Windows Server kamu sudah hilang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.