Review Jujur: Exabytes Shared Hosting

Sekarang waktunya kita review jujur gimana sih setelah memakai layanan webhosting dari Exabytes Indonesia. Karena kebetulan salah satu website saya menggunakan layanan webhosting dari Exabytes Indonesia dan sudah berjalan 1 tahun lebih.

Banyak sekali review di luar sana yang menyediakan ulasan yang banyak diminati hasil reviewnya, namun ada juga yang menurut saya pribadi agak aneh. Karena yang namanya review seharusnya netral dan tidak terlalu berpihak, dan tidak membangun opini yang cenderung negatif.

Harga

Dari segi harga Exabytes Indonesia termasuk salah satu penyedia webhosting yang memberikan extra diskon cukup gila untuk di level SME (Small Medium Enterprise). Namun demikian, pembelian akan lebih murah jika dilakukan dalam term tahunan.

Fitur Anti Malware

Hal yang saya suka dari webhosting Exabytes Indonesia adalah fitur anti malware dengan menggunakan premium Imunify360 di server webhostingnya. Jadi cukup jarang ada laporan malware di akun saya.

Fitur Backup

Di salah fitur webhosting cPanelnya, Exabytes menawarkan fitur backup untuk 14 hari ke belakang secara gratis. Jadi cukup memudahkan dan memberikan rasa aman jikalau terjadi apa-apa dengan website saya. Walaupun belum pernah saya gunakan request fitur backup ini, namun katanya jika kita request backup cukup tinggal minta saja ke supportnya.

Uptime

Secara umum, banyak sekali webhosting di luar sana yang mempunyai uptime yang cukup bagus (jarang down). Exabytes Indonesia memang bukan yang terbaik dalam hal uptime. Tapi bukan berarti paling buruk dalam jajaran penyedia hosting di Indonesia juga.

Namun jika saya perhatikan dari waktu ke waktu atas feedback yang diberikan, respon Exabytes Indonesia cukup responsif dan gercep terhadap keluhan pelanggan. Kini uptime website saya sudah sangat bagus untuk beberapa bulan terakhir (100%).

Brotli

Ada hal yang baru di webhosting cPanel Exabytes Indonesia, yaitu Brotli compression dari Google. Saya baru ngeh dan sepertinya load speed website saya sepertinya lebih cepat dari yang biasanya. Dan di jam-jam peak time yang biasanya agak lambat sudah cukup jarang terjadi.

Kalau mungkin 1-2 kali agak lamat dan sangat lamban saya sih bisa memaklumi. Namanya juga shared hosting. Kalau mau cepat mungkin saya akan menggunakan VPS saja yang semi dedicated resourcenya.

Support 24 jam

Yang saya suka adalah layanan support untuk bantuan teknis yang standby 24 jam! Jarang-jarang ada yang seperti ini untuk harga yang selalu diskon sih. Biasanya sih saya selalu mengunjungi website mereka di www.exabytes.co.id lalu langsung livechat dan mengirimkan keluhan.

Namun sayang untuk pertanyaan seputar pembayaran manual transfer bank hanya tersedia di jam dan hari kerja saja. Saya diberitahu untuk menggunakan Virtual Account untuk instant aktivasi produk hosting. Biasanya sih selalu transfer bank manual saya.

Migrasi Bayar

Mungkin yang menjadi salah satu poin adalah jasa migrasi yang ditawarkan pihak Exabytes Indonesia adalah berbayar. Untuk orang seperti saya (personal) bukan company cukup memberatkan. Namun untuk level perusahaan saya rasa sepertinya tidak akan masalah deh.

Mungkin itu saja yang bisa saya share dan semoga bisa berguna untuk teman-teman semua. Hati-hati terhadap review sepihak dan black campaign terselubung =D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *