Cara Unmount NFS ketika server sudah tidak bisa diakses

Tutorial kali ini akan menjelaskan dari kelanjutan saat kita melakukan pemasangan NFS pada kesempatan yang lalu. Sebelum kamu lebih lanjut, silakan baca beberapa tulisan tentang masalah pada NFS yang mungkin banyak yang belum tahu. Terima kasih.

Nah sekarang, ketika ada kejadian ketika server NFS yang bersangkutan down atau mati, muncul permasalahan yang lain yaitu pada client NFS kita tidak bisa mengecek command df -h pada linux. Alhasil, ketika kamu ketik command tersebut, server linux kamu hanya diam saja tidak menghasilkan print apapun.

Hal itu karena NFS host yang kita sambungkan mengalami masalah koneksi atau down. Beberapa masalah mungkin bakal kamu temui ketika ingin boot. Karena by default jika sudah terdaftar pada /etc/fstab maka si server linux akan mencari validitas UUID yang terdaftar sebelum masuk ke service login. Dan itu adalah masalah besar.

Kalau memang host NFS mati, kita harus selalu cek reguler. Dan jika memang mati dan server linux kamu mau di reboot, harus di unmount terlebih dahulu.

umount -f -l /mnt/myfolde

Dimana -f adalah bentuk dari force (paksa) dan membutuhkan persyaratan versi kernel 2.1.116 atau lebih. Kemudian -l yang berarti lazy unmount yg berfungsi detach filesystem dalam hirarki dan membutuhkan versi kernel 2.4.11 atau lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *