Penjelasan IP Public dan IP Local

Mungkin masih banyak teman-teman yang kebingungan bagaimana cara membedakan ip public dan ip local ya? Sebenarnya tidak usah bingung dan pusing. Cara membedakannya sangat mudah, dan juga pada blog kali ini akan di berikan penjelasan sedikit namun (semoga) bobotnya banyak.

Kebanyakan orang masih sering terbalik menentukan antara IP local dan IP public. Harap maklum saja, kita yang mengerti tinggal menjelaskan secara singkat namun berbobot.

IP Public

Pada dasarnya IP address atau alamat IP dibagi menjadi 2, yaitu local dan public. Definisi singkat tentang IP Public adalah IP tersebut bisa di lihat oleh seluruh orang di dunia secara visible atau terlihat. IP Public sendiri di seluruh dunia hanya ada 1 pasang saja atau tidak bisa ganda/dobel tiap device.

IP Public ada 2 jenis, yaitu IPv4 dan IPv6. Yang biasanya kita ketahui saat ini dinamakan IPv4. Contohnya seperti ini : 1.1.1.1. atau 8.8.8.8. Bentuknya hanya angka 0-9 saja. Sedangkan IPv6 sendiri formatnya adalah hexadecimal. Contohnya seperti ini : 2001:db8:1234:ffff:ffff:ffff:ffff:ffff. Formatnya dari 0-9 ditambah dengan campuran abjad huruf a-f.

IP Public sendiri ada 2 istilah, yaitu IP static dan IP dynamic. IP static secara singkat definisinya adalah IP yang tidak berubah-ubah. Dari awal berlangganan, maka cenderung mendapatkan IP yang sama. Biasanya IP static berada di level kantoran, penyedia warnet, penyedia hosting, vps, server, penyedia internet, cafe, hotel, atau organisasi tertentu. Sedangkan IP dynamic secara singkat definisinya adalah IP yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Umumnya di level GSM (internet di hape), koneksi broadband, koneksi cable tv, ADSL, dan layanan lain.

IP Local

IP Local beda dengan IP Public, karena IP local pada dasarnya semua orang bisa memakainya hinga unlimited pemakaian IP yg sama. IP Local hanya bisa digunakan pada koneksi local atau yang biasa kita sebut dengan LAN (Local Area Network) saja.

IP Local menggunakan basis IP Class C, dimana semua orang dengan bebas bisa menggunakannya untuk LAN mereka. Karena penjelasannya agak panjang, kamu bisa belajar sendiri dari wikipedia tentang IP class C. Rata-rata orang menggunakan IP Local seperti: 192.168.1.x atau 192.168.x.x dsb.

Faktanya, IP Local tidak bisa di cek melalui internet. Biasanya kamu cek pada laptop / device kamu sendiri IP Local apa yang sedang kamu dapatkan.

Oke sekain, terima kasih sudah membaca. Jika masih bingung bisa langsung komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *