Masalah NFS pada server, rsize dan wsize

Balik lagi membahas NFS dimana pada topik sebelumnya saya sudah menuliskan tutorial memasang NFS pada server CentOS. Sayangnya tulisan yang kemarin di posting adalah bentuk default (umum) dari pemasangan NFS.

Jadi ceritanya, ketika melakukan deploy dalam bentuk default, terdapat beberapa masalah seperti kecepatan READ (baca) dan WRITE (tulis) sangat lamban ketika digunakan dalam multi user. Kalau dalam kasus saya kemarin, diakses oleh beberapa user, dan visitor hitungan puluhan hingga ratusan dalam per hari. Belum lagi kalau saat yang bersamaan tuh. Jadi jujur saja, saya stuck di situ.

Saya sempet bertanya ke teman yang ada di kantor, ya bisa dibilang menanyakan saran sih, bagusnya gimana. Kalau kata teman sih, dicoba aja dulu pake samba. Tapi kalau menggunakan samba, berarti harus di setting ulang dong. Waduh struktur filenya kemungkinan akan berantakan lagi.

Jadi, saya berpiikr untuk googling sebentar dan mencari referensi. Apakah ada orang yang mengalami hal yang sama seperti saya. Karena hari ini sabtu jadi, it’s oke lah, punya waktu luang banyak.

Akhirnya setelah beberapa menit melakukan pencarian, saya menemukan tulisan yang punya masalah dengan NFS. Ternyata masalahnya adalah network buffer yang harus di set secara spesifik agar tidak throttled gitu.

Sebagai contoh :

mount -t nfs 1.2.3.4:/eeq /backup -o rsize=65536,wsize=65536

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan buffer network antara read dan write pada partisi yang kita mounting. Value yang bisa kita tambahkan tergantung dari kernel NFS server dan client.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *