VestaCP: Akses Webmail Bermasalah Padahal Username Password Benar

Setelah sebelumnya memberikan tutorial bagaimana install PHP 7.3 di Vesta serta tutorial cara mengatasi backup macet di Vesta, kini saatnya beberapa trik untuk troubleshoot lainnya buat kamu yang mempunyai kesulitan ketika ingin masuk ke email akun menggunakan webmail.

Permasalahan terletak ketika kamu sudah mengetik username dan password dengan sangat benar, namun tetap tidak bisa login bagaimanapun juga di webmail kamu. Sangat unik, permasalahan ini biasanya terjadi ketika kamu melakukan restore dari server Vesta sebelumnya.

Sekilas kita akan mengira bahwa untuk mengatasi ini harus melakukan reset password yang ada pada panel Vesta. Tapi sebenarnya tidak. Saya sudah coba beberapa kali namun tidak berhasil, ketika mencoba fix beberapa file permission pada /home/user/conf/email tetap tidak berhasil.

Ketika sedang mengobrak-abrik forum Vesta, akhirnya ada thread yang mengatasi masalah yang saya alami ini guys. Jadi sebenarnya ada fitur untuk fix semua ini, yaitu :

v-rebuild-mail-domains $user

Fungsinya adalah membetulkan semua permission file dan semua ownership yang benar pada file yang berhubungan dengan variable mail domain. Kata $user digantikan dengan user kamu yang bermasalah. Misal :

Saya punya email aku@guguk.la, kemudian user saya untuk login di Vesta adalah meong. Jadi commandnya :

v-rebuild-mail-domains meong

Oke selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *