Menambahkan Domain di FreeDNS AFRAID

Pada kali ini kita akan mendemonstrasikan bagaimana caranya menambahkan domain di FreeDNS AFRAID. Sebelumnya saya sudah menuliskan tulisan beberapa penyedia domain atau subdomain gratis ya pada postingan sebelumnya. Salah satunya adalah AFRAID FreeDNS. Nah, sekarang kita akan menuliskan bagaimana menambahkan domain di registry AFRAID.

Secara default, ada 3 kategori subdomain yang bisa kita tambahkan di AFRAID freeDNS tersebut. Pertama, adalah kategori public. Kategori ini bisa digunakan oleh semua orang secara gratis. Kedua adalah kategori private. Kategori ini hanya bisa digunakan oleh ownernya saja. Ketiga adalah kategori stealth (tidak bisa di share).

Pertama, kita akses terlebih dahulu AFRAID. Jika belum punya akun, silakan daftar, jika sudah ada ya tinggal login saja.

Setelah masuk, klik [ Domains ] yang terletak di sebelah kiri. Karena sudah sudah mempunyai domain dan ingin menambahkan ke FreeDNS AFRAID, jadi saya pilih Add A Domain into FreeDNS.

Pada menu selanjutnya akan ada kolom dimana kamu harus menuliskan nama domain kamu dengan benar!. Kemudian pilih shared status yang diinginkan. Karena saya ingin dipakai semua orang, jadi saya pilih shared. Jangan di klik Submit dulu!

Selanjutnya kamu ke tempat dimana kamu membeli domain tersebut, dan ubah NS (Name Servers) menjadi ke AFRAID. Instruksi yang diberikan adalah mengubah name servers menjadi berikut ini :

NS1.AFRAID.ORG
NS2.AFRAID.ORG
NS3.AFRAID.ORG
NS4.AFRAID.ORG

Pada bagian ini, pastikan NS yang ditambahkan hanya milik AFRAID saja. Jika sudah, klik Submit.

Pada bagian ini domain kita sudah ditambahkan ke dalam sistem AFRAID, namun ditandai statusnya sebagai broken. Artinya adalah, domain kita harus menunggu propagasi agar name servernya ter-sinkronisasi dengan NS milik AFRAID (ada 4 tadi).

Dari sini saya tidak dapat memberikan estimasi waktu karena biasanya memakan beberapa jam hingga 24 jam. Biasanya saya selalu cek antara 1-3 jam sekali.

Untuk pengecekan, kamu bisa menggunakan tools yang disediakan oleh AFRAID berada di sebelah kanan, namanya DNS Auth Trace. Masukkan saja nama domain kamu dan klik Trace. Query DNS yang muncul adalah hasil secara LIVE.

Sekarang, kita cek statusnya dengan klik menu [ Domains ] yang berada di sebelah kiri, kemudian klik Check for Broken domains. Status LIVE akan muncul pada menu tersebut. Lanjut ke part 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *