Compress PDF, Split PDF, Merge PDF

Buat kamu yang suka berurusan dengan file PDF seperti: Mengecilkan ukuran file PDF, memisahkan antar halaman pada file PDF, lalu menyatukan halaman satu dengan yang lainnya pada PDF, maka kamu mungkin perlu membaca tips dan tricks yang biasanya saya gunakan juga. Adalah tools online yang diakses pada website dan bisa digunakan oleh platform manapun.

Mempunyai tugas seperti membuat beberapa file PDF namun tetap memperhatikan ukuran file yang final akan diupload sepertinya adalah tugas yang sangat repot. Karena pada dasarnya, setelah kita membuat sebuah dokumen, misalnya dokumen Microsoft Word ke file PDF, kita tidak perlu memperhatikan ukuran filenya.

Namun saat ingin melakukan submit file ke tempat tertentu atau instansi tertentu, biasanya ada batasan file upload yang harus diperhatikan. Misalkan untuk submit file laporan XYZ max ukuran file yang bisa diupload / unggah adalah 900 KB, dsb.

Oleh karena itu kita membutuhkan yang namanya kompres PDF. Kamu bisa akses beberapa macam tools seperti yang dijelaskan pada judul blog hari ini di : https://smallpdf.com/

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan yaitu https://www.sodapdf.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *