Cara Buat Torrent Menggunakan transmission-create

Transmission torrent adalah salah satu software torrent yang berbasis linux dan sangat enteng sekali. Untuk proses standalone saja, hanya membutuhkan <100 MB RAM untuk running. Sedangkan jika memiliki torrent aktif banyak maka tergantung dari banyaknya ukuran file yang di seeding dan banyaknya peers yang tersambung.

Ada beberapa alasan mengapa saya rekomendasi transmission ketimbang software torrent yang sering digunakan seperti rutorrent dan flux torrent. Jika dilihat dari statistik penggunaan, flux torrent dan rutorrent akan memakan sangat banyak sekali memory ketika sedang seeding dengan peer yang sangat banyak.

Fenomena ini sering dirasakan, ketika vps yang hanya di limit I/O untuk 50 Mbps saja, serta ram hanya 2 GB saja, nyatanya RAM yang ter-utilisasi hampir 2 kali lipat dari ram yang disediakan. Kurang efisien dalam jangka panjang, kecuali kalau punya dedicated server sendiri.

Namun, untuk membuat torrent pada transmission, kamu harus login SSH terlebih dahulu. Saya asumsikan sudah bisa masuk SSH ya, kemudian kita ke direktori dimana torrent kita berada.

Kemudian, kita running command sebagai berikut.

transmission-create --private --comment "test aja" --tracker "namatracker" --outfile kentut.torrent namafile.iso

Syntax –private digunakan ketika torrent yang kamu inginkan bersifat private. Jika ingin public, silakan hilangkan syntax –private.

Syntax –comment berisi komentar yang ingin kamu cantumkan pada meta data torrent tersebut.

Syntax –tracker adalah nama URL info tracker yang ingin kamu gunakan. Pastikan torrent sudah di daftar pada website tracker tersebut ya. Jika ingin menambahkan tracker lebih dari 1, maka tambahkan saja. Pastikan penulisan tracker menggunakan tanda kutip.

--tracker "http://abc.com:8080" --tracker "udp://wow.la:100" --tracker "http://lalala.ws:900"

Syntax –outfile adalah nama file torrent yang kamu inginkan. Yang pasti ekstensinya harus .torrent ya.

Syntax namafile.iso adalah nama file / lagu / film / atau apapun file itu yang ingin di torrent-kan. Pastikan tidak salah untuk membuatkan filenya.

Sekian dan terima kasih! Begitulah cara membuat torrent menggunakan transmission torrent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *