Migrasi Nextcloud: PHP module zip not installed

Kali ini saya ada studycase dimana baru saja saya mencoba memindahkan Nextcloud saya dari host server DE ke host server US. Alasannya tidak lain adalah faktor biaya, huehue. Apakah tahu jawabannya, YES migrasinya berhasil. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Saya akan beri beberapa tips yang saya alami.

Sebelumnya Nextcloud yang saya miliki adalah versi 16. Kemudian hosting control panel yang saya gunakan yaitu VestaCP dengan menggunakan Apache Nginx dan php73 Fastcgi. Ini yang di host node DE.

Dalam hal ini Nextcloud versi 16 saya menggunakan mysql. Jadi sebelum migrasi, pastikan database sudah di backup.

Skenarionya, saya akan memindahkan ke host node US dengan VestaCP juga, serta dengan php73 juga. Setelah di backup dan di restore pada node US, ternyata muncul pesan error. Saat membuka panel tersebut, muncul pesan error : PHP module zip not installed.

Proses restore sangat mudah, hanya saja proses extract file dari backup memang cukup lama. Pastikan pada file ./config/config.php kamu sudah sesuaikan konfigurasinya dengan server baru ya. Baik itu mysqlnya, lalu juga konfigurasi path folder homenya.

Pada kebanyakan tutorial, ketika error tersebut muncul kita disuruh install modul bernama: php-7.3-zip

Tapi coba kamu tebak, tidak ada modul dengan cara penulisan tersebut. Intinya sih, saya tahu harus memasang module zip, namun bingung ini module apa yang harus di install.

Ternyata, karena saya lupa saya sudah enable php73 serta enable repo remi secara default, maka langsung saja execute install pecl zip :

yum install php-pecl-zip

Kemudian kita restart httpdnya agar efeknya ada.

service httpd restart

Done, sekarang migrasi Nextcloud versi 16 kamu berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *