Cara Export / Import Database via SSH

Kali ini kita akan belajar bagaimana caranya melakukan export dan import database lewat SSH atau command line interace. Biasanya kita menggunakan metode ini ketika database yang akan kita export / import filenya sangatlah besar. Dan tidak memungkinkan untuk menggunakan fitur phpmyadmin. Oleh karena itu SSH adalah pilihan alternatifnya.

Sebagai catatan tambahan, perlu keahlian dasar dalam hal command line Linux untuk mengoperasikan secara keseluruhan. Namun, kita akan perkecil scope kita ke bagian export dan import saja. Saya rasa sih, semua orang bisa melakukannya, asal mengikuti tutorial yang diberikan.

Export Database

Kegiatan export database adalah aktivitas memindahkan / copy database tertentu dari source ke destination. Untuk fitur export sendiri, kita menggunakan mysqldump.

Perlu diingat, untuk menggunakan fitur export harus tahu informasi login dari database yang bersangkutan, yaitu username dan password.

mysqldump -u [user] -p [database_name] > [filename].sql

Dimana :

  • [user] adalah database usernya
  • [database_name} adalah nama database yang akan di export
  • [filename] adalah nama existing / baru db hasil export

Import Database

Kegiatan import database adalah aktivitas memindahkan / copy database tertentu dari luar, ke dalam atau dari destination ke source.

Pastikan kamu tahu username dan password yang akan di import agar memperlancar kerjaan.

mysql -u [user] -p [database_name] < [filename].sql

Dimana :

  • [user] adalah user db yang akan di import
  • [database_name] adalah nama db yang akan kita import
  • [filename] adalah nama db destination yang akan kita import

Besarnya file limitasi untuk SSH sebenarnya tidak ada. Tergantung RAM server anda atau RAM PC kamu, kuatnya sampai berapa ribu baris untuk memproses query dari database.

Semoga cara export dan import database via SSH ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikana tugas kuliah atau kerja ya. Ada tambahan command atau menurut kamu ada yang kurang? Silakan komentar aja di bawah. Pasti saya balas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *