Beredar Kabar BJ Habibie Wafat

Tepat pada tanggal 10 September 2019, yaitu hari selasa jam 8.21 WIB ibu saya menerima informasi dari grup WhatsApp kumpulan tetangga sekitar, yang isi beritanya menginformasikan Bapak BJ Habibie meninggal dunia. Sempat mendengar hal ini, langsung kaget.

Faktanya, pada hari senin lalu (sehari sebelumnya) saya sempat menonton televisi swasta lokal, dan melihat Bapak Presiden Joko Widodo sedang menjenguk Bapak BJ Habibie.

Kemudian, sesegera langsung saya cek di beberapa portal berita terkenal tidak ada berita yang menandakan hal yang serupa seperti yang diberitakan WhatsApp grup kumpulan tetangga. Waduh sudah pasti ini hoax lah.

Tampak beberapa portal berita menginformasikan bahwa kabar Bapak BJ Habibie wafat adalah hoax seperti di portal iNews, Beritagar, Tempo, TribunNews. Bahkan faktanya, kondisi Bapak BJ Habibie kini semakin membaik sejak tadi pagi.

Yang saya bingung itu berita hoax mulainya darimana, sampai beruntun lalu tidak ada yang klarifikasi dari segitu banyaknya beruntun hingga sampai ke masyarakat. Ya, intinya banyak orang malas yang hanya copy paste saja dan malas mencari fakta. Buat kamu yang membaca ini, saya dulu pernah menulis tentang 2019 penuh fitnah dan hoax jadi berhati-hati memilah berita.

Hoax adalah istilah dari bahasa inggris yang bermakna berita bohong atau tidak benar. Hoax atau hoaks adalah berita palsu yang memang sengaja dibuat dan sengaja di informasikan agar disesatkan, biasanya memiliki tujuan tertentu. Terlepas dari informasi yang menyesatkan, hoax dijual sebagai kebenaran oleh beberapa pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *