Encrypt Decrypt Menggunakan base64 pada Bash

Setelah panjang lebar membicarakan hal lain / dll sekarang kita akan membahas sedikit tentang base64. Pada umumnya base64 dipakai sebagian developer untuk melakukan dekripsi pada coding mereka. Namun tidak sedikit juga para hacker-hacker nakal yang mencoba inject script dengan disertai base64 ke banyak website yang rentan akan vulnerability.

Kali ini kita akan belajar cara encrypt dan decrypt pada Linux. Tentu saja untuk melakukan hal ini, kamu perlu menggunakan mesin menggunakan kernel Linux atau vps atau vm apapun itu dengan kernel Linux. Karena laptop yang saya pakai saat ini kubuntu, maka saya bisa langsung praktekkan lewat sesi SSH saya.

Encypt Lewat Bash 1

meow:~$ echo  'aku' | base64                
YWt1Cg==

Pada contoh di atas, kita mempraktekkan kata “aku” akan di encrypt ke metode base64 dan langsung ditampilkan ke layar.

Encrypt Lewat Bash 2

meow@meow-laptop:~$ cat  file.txt | base64 
aW5pIHRlc3QgZmlsZQo=

Berikutnya pada Encrypt Lewat Bash 2, kita mempraktekkan bagaimana sebuah file dapat di encrypt ke base64 dan ditampilkan di layar.

Encrypt Lalu Simpan File

meow@meow-laptop:~$ echo 'kamu' | base64 > kamu64

Kemudian kita akan coba melakukan encrypt pada kata “kamu” lalu kita simpan ke file kamu64. Contohnya seperti di atas. Nah, kita akan cek hasilnya seperti apa pada file “kamu64” ini.

meow@meow-laptop:~$ cat kamu64 
a2FtdQo=

Hasilnya seperti di atas.

Decrypt base64

Setelah melakukan berbagai percobaan seperti di atas, kita akan coba melakukan decrypt base64, yaitu mengembalikan ke bahasa yang dapat dipahami. Contohnya seperti di bawah ini.

meow@meow-laptop:~$ echo 'YWt1Cg==' | base64 --decode               
aku

Kita akan coba melakukan decrypt base64 namun berdasarkan text file sebelumnya. Hasilnya seperti ini.

meow@meow-laptop:~$ base64 -d kamu64.txt  
kamu

Mudah sekali bukan dalam melakukan Encrypt Decrypt menggunakan base64 pada bash? Mungkin kamu bisa coba sendiri dengan menginstall vm pada virtualbox atau pada vps server sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *