Kenalan Dengan Kea DHCP

Topik kali ini kita akan berkenalan sedikit dengan software yang bernama Kea. Menurut sejarahnya, Kea adalah software DHCP yang bersifat opensource yang dikembangkan oleh ISC (Internet Systems Consortium). Software Kea ini berbentuk command line dan ditulis dalan bahasa C++.

Software dan module yang dikembangkan oleh Kea sendiri sebenarnya banyak sekali, toh saya juga baru belajar Kea karena atasan menugaskan untuk memasang Kea dan membuat restful API untuk digunakan dalam project ke depan. Sedangkan restful API sendiri secara maksimal baru bisa digunakan pada versi Kea 1.3. Namun untuk versi stable, saya sarankan untuk menggunakan Kea 1.5.

Beberapa fitur Kea DHCP yang saya suka (baru belajar 3 hari, tapi langsung tsuka), diantaranya :

  • DHCP4
  • DHCP6
  • Reservation module
  • DDNS
  • Restful API

Software Kea sendiri bisa dipasang di varian mesin Linux seperti Ubuntu, Centos, Debian RHEL, dsb. karena source code dikasih dan kita hanya tinggal melakukan compile dan configure sesuai kebutuhan saja.

Mungkin banyak yang bertanya, emang apa bedanya Kea DHCP dengan DHCP software lainnya? Secara garis besar, semuanya sama dan mirip sekali. Bedanya sepertinya cuma satu, Kea DHCP bisa menggunakan restful API dan sangat membantu sekali untuk proses deploy server / project. Info lebih lanjut tentang Kea bisa cek di website Kea.

Informasi lainnya yang bisa kamu dapatkan terkait Kea Restful API bisa dibuka di sini.

Pada kesempatan berikutnya (dalam waktu dekat) saya akan tulis tutorial pemasangan Kea DHCP dan contoh simple implementasi restful API yang biasa digunakan dalam sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *