cPanel: Email Akun Menghilang

Kondisi ini terjadi ketika saat login ke cPanel dan sebelumnya email akun kamu sudah terbuat sebelumnya, namun tiba-tiba saja email akun anda menghilang tanpa jejak. Kemudian ketika ingin di tambah ulang, muncul pesan existing account sudah ada (pernah dibuat). Lalu gimana?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan kita memiliki backup untuk file shadow yang berada di folder :

/home/$user/etc/$domain/shadow

Pastikan kamu punya file backupan shadow tersebut. Karena file shadow sangat penting untuk autentikasi login email akun pada cPanel.

Anggap saja, dalam hal ini file shadow kamu saat ini ukurannya hanya 1 KB. Sedangkan pada file backup, ukurannya adalah 10 KB. Maka, kamu gunakan file backupan 10 KB tersebut untuk digantikan dengan file shadow kamu saat ini.

Langkah berikutnya, yaitu kita harus remove cache pada cPanel sistem itu sendiri. Pada dasarnya, file cache itu berada di :

/home/$user/.cpanel/

Untuk menghilangkan file cache yang sifatnya statik pada cPanel, kita perlu melakukan rename pada folder .cpanel tersebut menjadi nama lain dan biarkan cPanel system melakukan generate caching lagi.

Saya asumsikan folder .cpanel tersebut sudah diubah foldernya menjadi .cpanel-old ya.

Kemudian selanjutnya kita tunggu sebentar saja, kira-kira 1-3 menit, agar sistem cPanel melakukan generate file cache yang akan digunakan pada cPanel nantinya.

Nantinya kamu harus melakukan refresh page pada email akun, kemudian daftar email akun akan terlihat langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.