Review: Smartren 4G Modem WiFi M6x

Sekarang saatnya mengulas habis tentang salah satu penyedia internet yaitu Smartfren yang sudah support 4G LTE menurut klaim mereka. Kemudian saya sudah membeli modemnya juga yaitu tipe WiFi M6x yang menurut mereka lebih hebat dan praktis. Tapi apakah benar? Atau hanya sekedar marketing biasa saja?

Sebelum lebih lanjut lagi, saya mau kasih disclaimer bahwa untuk pengukuran kecepatan dan kualitas internet hasilnya berbeda-beda di setiap tempat. Jadi mohon cross check terlebih dahulu ke galeri Smartfren dan tanyakan BTS tower terdekat dengan posisi rumah anda!

Kualitas Layanan Smartfren

Bagi kalian generasi yang baru menggunakan layanan operator Smartfren 4G LTE, mungkin beberapa dari kalian akan melihat bahwa operator ini menawarkan harga yang cukup kompetitif dari pesaingnya yaitu dengan harga yang sangat murah (dibanding pesaingnya).

Dari segi layanan, si merah ini menawarkan harga murah meriah sesuai dengan paket kantong anak kuliahan dan menawarkan quota internet yang berlimpah. Ingat, tergantung pemakaian kita masing-masing.

Paket internet atau Internet Data Service yang ditawarkan terbagi menjadi 2, yaitu paket Connex EVO dan Volume Based. Dimana Connex EVO adalah paket yang otomatis jadi quota internet setelah kamu mengisi pulsa (ada nominal tertentu). Sedangkan Volume Based kamu harus membeli quota sesuai pilihan kamu secara manual setelah melakukan pengisian pulsa.

Paket Internet

Beberapa paket internet yang ada pada operator Smartfren 4G LTE yang biasanya digunakan orang kebanyakan pengguna hanya sampai 100rb. Diantaranya :

  • Paket 5rb: Kuota 24jam 500 MB, Kuota malam 1.5 GB, Kuota chat 500 MB, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 3 hari.
  • Paket 10rb: Kuota 24jam 1.25 GB, Kuota malam 1.75 GB, Kuota chat 1 GB, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 7 hari.
  • Paket 20rb: Kuota 24jam 2 GB, Kuota malam 3 GB, Kuota chat 1 GB, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.
  • Paket 30rb: Kuota 24jam 4 GB, Kuota malam 4 GB, Kuota chat 2 GB, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.
  • Paket 40rb: Kuota 24jam 6 GB, Kuota malam 8 GB, Kuota chat 2 GB, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.
  • Paket 60rb: Kuota 24jam 10 GB, Kuota malam 20 GB, Gratis Hook 30 hari, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.
  • Paket 100rb: Kuota 24jam 20 GB, Kuota malam 40 GB, Gratis Hook 30 hari, Gratis smart Musik 30 hari, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.
  • Paket 150rb: Kuota 24jam 30 GB, Kuota malam 60 GB, Gratis Hook 30 hari, Gratis smart Musik 30 hari, Gratis nelpon sesama Smartfren, masa aktif 30 hari.

Sebagai tambahan, paket lainnya hingga seharga 1 juta rupiah bisa kamu akses di halaman paket internet Smartfren.

Kalau saya sendiri biasanya membeli paket internet seharga 60ribu dimana sudah mendapatkan kuota 10 GB untuk 24 jam dalam 30 hari. Paket internet ini saya bawa tiap hari misalnya di jalanan, di tempat luar, dsb. Biasanya 1 bulan tidak akan habis untuk 10 GB, tap kalau ambil paket seharga 40ribu itu kurang. Karena kebutuhan saya rata-rata dalam adalah nonton youtube dan download filem per minggu total di kisaran 400-500 MB.

Kualitas Internet

Sayangnya dalam hal ini tiap daerah berbeda-beda kualitas internetnya, tergantung jarak BTS tower terdekat dengan kamu dan banyaknya rumah tinggi yang menggunakan beton.

Di tempat saat ini saya menggunakan Smartfren M6x, kecepatan tidak sampai 10 Mbps. Posisi saya saat ini berada di dalam rumah, dan lokasinya di Cipete Utara. Padahal kemarin bisa tembus 7 Mbps saat speedtest dan di jam yang sama (sekitar 10.50 WIB).

Internet Speed.

Kemudian kekuatan sinyal saat ini :

Sinyal.

Sekali lagi, saat kamu ingin membeli Smartfren kamu harus tanya ke galerinya jarak terdekat BTS dengan rumah kamu. Seharusnya di tiap galeri ada informasi BTS tower terdekat, yang ada pada google map si Smartfren.

Kualitas Modem

Modem M6x bisa dibilang versi modem yang cukup baru dan cukup mahal. Melihat spesifikasi dari M6x di website Smartfren, kamu bisa bilang ini modem punya ketahanan yang cukup lama. Karena Smartfren klaim batre bisa tahan mencapai 20 jam dengan daya 3250 mAh. Saya bingung bagaimana hasil testnya hingga dapat angka 20 jam?

Jika berdasarkan hasil pemakaian, batre tersebut hanya tahan 3-6 jam saja untuk pemakaian rutinitas seperti Youtube, browsing. Jika digunakan untuk download maka akan memakan batre lebih banyak lagi. Namun kalau untuk pemakaian jarang seperti WhatsApp saja, maka bisa mencapai 8-12 jam. Tergantung apakah pemakaian WA mengandung video atau gambar yang di download atau tidak.

Layanan Bantuan

Untuk bantuan kamu bisa livechat lewat aplikasi bawaan MyLink atau login ke admin wireless dan menuju ke support live chat. Alternatif kedua, kamu bisa langsung ke twitter Smartfren dan mention kendala serta no Smartfren kamu.

Bagi generasi pengguna jaman dulu, mungkin masih memiliki ingatan yang fresh tentang buruknya layanan Smartfren sebelum beralih ke 4G LTE. Ya, teknologi EVDO Smartfren dulu sangat hancur balau. Namun sekarang Smartfren telah berbenah dan saya akui layanan mereka saat ini tidak kalah dengan operator lainnya yang mengklaim paling cepat seindonesia. Tapi karena Smartfren jangkauannya hanya daerah tertentu saja, jadi harap di maklum.

Nah pagi ini saya tulis review Smartfren dan saya eskalasi langsung ke twitter Smartfren belum ada 1 jam sudah di balas oleh tim support twitter mereka dengan balasan seperti berikut :

Twitter balasan Smartfren.

Nah ternyata, penyebab dari lambatnya koneksi per pagi hari ini di tanggal 29 Juli 2019 dikarenakan adanya gangguan jaringan untuk daerah Jakarta. Namun cs dari Smartfren mengambil inisiatif untuk melakukan DM ke twitter kita dan meminta beberapa informasi seperti perangkat, posisi GPS, dsb yang diperlukan.

Harga Modem

Memang, untuk menggunakan layanan internet yang murah dalam hal ini Smartfren, kita harus melakukan investasi perangkat modem terlebih dahulu. Karena untuk harga modem M6x adalah 500rb kurang 1rb, atau 499rb. Tapi karena dulu ada promo apa gitu, lupa… jadi hanya bayar 450rb saja di galeri Smartfren.

Terlepas dari ulasan atau review Smartfren 2019 ini kamu bisa berikan komentar dan pendapat atau masukan di kotak komentar. Ya kalau ada masukan akan di forward ke twitter Smartfrennya, atau langsung saja ke pihak Smartfren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *