Selamat Jalan Bapak Sutopo

Berita duka datang dari Bapak Sutopo Purwo Nugroho, yang biasanya terlihat aktif dan sangat cepat menginformasikan informasi bencana terkini yang ada di Indonesia. Terlepas dari derita kanker paru-paru yang dideritanya, ia tetap menjalankan tugas dan terus menginformasikan secara detail kepada masyarakat tentang informasi bencana agar tidak terjadi kebingungan dalam masyarakat.

Tepat pada tanggal 7 Juli 2019, bertepatan pada hari Minggu, Bapak Sutopo PN meninggal dunia di Guangzhou, China. Sebelum berangkat ke China untuk berobat, beliau sempat menuliskan ini :

“Saya mohon doa restu kepada kepada semua netizen dan lainnyanny. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa,”
“Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jik tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya.”

Gaya Hidup

Fakta yang sangat menarik dari beliau yang terkena kanker paru-paru stadium 4B, mungkin banyak dari kalian yang tidak akan mempercayainya. Ternyata, gaya hidup yang dilakukan semasa muda beliau sangat sehat. Hal tersebut diungkapkan oleh adik ipar beliau, Ahmad Jatmiko. Bapak Sutopo dikenal semasa mudanya hidup sehat dan tidak pernah merokok. Bahkan, dari keturunan keluarga, tidak ada yang terkena penyakit kanker. Lantas mengapa masih terkena penyakit kanker?

Jika merujuk pada American Cancer Society, kanker paru-paru pada orang yang tidak merokok bisa disebabkan oleh paparan radon, asap rokok, polusi udara atau faktor lainnya.

Profil

Dr. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si., APU adalah seorang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB. Dia merupakan alumni Universitas Gajah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Ia bekerja di pemerintahan sebelum ia akhirnya ditempatkan di BNPB pada 2010 sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana.

sumber: [1][2][3]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *